SKRIPSI PGMI
Peran Guru Kelas Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV di SDN 04 Banjaran Pemalang
Bahwa SDN 04 Banjaran ini sudah menerapkan kurikulum merdeka terutama pada kelas IV dalam pembelajaran matematika. Dalam penerapan kurikulum merdeka pada mata pelajaran matematika. Konsep Penerapan kurikulum merdeka pada mata pelajaran matematika yang menyenangkan harus jadi pegangan oleh guru. Sebaliknya siswa pada kelas IV harus mempunyai kebebasan untuk mengespresikan diri melalui kurikulum merdeka. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (i) Bagaimana peran guru kelas dalam penerapan kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran matematika kelas IV di SDN 04 Banjaran Pemalang (ii) Apa saja faktor penghambat serta faktor pendukung yang dihadapi oleh guru kelas pada mata pelajaran matematika. Tujuan penelitian ini (i) Untuk menjelaskan peran guru kelas dalam penerapan kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran matematika kelas IV di SDN 04 Banjaran Pemalang (ii) Untuk menjelaskan faktor penghambat serta faktor pendukung yang dihadapi oleh guru kelas pada mata pelajaran matematika. Jenis penelitian yang dilakukan menggunakan jenis penelitian lapangan dengan penelitian kualitatif yang menggunakan alat pengumpul data dengan metode wawancara, pengamatan (observasi), dan dokumentasi, untuk memperoleh data yang kemudian di olah dan di analisa hingga diperoleh suatu kesimpulan. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peran guru kelas dalam penerapan kurikulum Merdeka belajar pada mata pelajaran matematika kelas 4 di SDN 04 Banjaran Pemalang Iya itu guru sebagai pendidik, guru sebagai pembimbing, guru sebagai motivator, guru sebagai fasilitator, guru sebagai evaluator. Ada banyak peran guru yang dilaksanakan namun pada zaman sekarang yang menggunakan kurikulum merdeka belajar belajar guru dituntut untuk sebagai fasilitator. Karena pembelajaran sekarang terutama pada mata pelajaran matematika lebih banyak pada proyek yang di mana pastinya membutuhkan dan menyediakan fasilitas dalam pembelajaran, agar memudahkan pembelajaran matematika dan pembelajaran matematika ini lebih menyenangkan. Dalam pembelajaran kelas IV tentunya tidak lepas dengan beberapa faktor pendukung yang menunjang kegiatan pembelajaran sesuai yang di harapkan. Tetapi juga pastinya masih ada faktor yang menjadi penghambat dalam pembelajaran matematika. Adapun faktor pendukung yaitu penggunaan media, dan motivasi dari guru. Sedangkan untuk faktor penghambatnya adalah daya saraf siswa yang berbeda-beda sarana dan prasarana dan siswa mengobrol dengan temannya saat pembelajaran berlangsung.
23SK2323198.00 | SK PGMI 23.198 ALD p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain