SKRIPSI EKOS
Pengaruh Harga, Penggunaan Dompet Digital, Kepuasan Pelanggan dan Rekomendasi Dari Mulut Ke Mulut Terhadap Loyalitas Pelanggan Waralaba (Studi Kasus Pada Konsumen Muslim Kedai Es Krim Mixue Kajen Kabupaten Pekalongan)
Pada era globalisasi, perusahaan mencoba selalu memahami kebutuhan kosumen agar mendapatkan rasa kesetiaan pada konsumen. Untuk bisa mendapatkan rasa loyalitas dari pelanggan, perusahaan minuman harus mampu menyusun trik penjualan yang tepat agar produknya mampu menumbuhkan rasa loyalitas. Harga menjadi faktor utama dalam mempertahankan rasa loyalitas dengan perusahaan. Kedua adalah dompet digital. Yang ketiga adalah kepuasan pelanggan dan yang keempat adalah rekomendasi dari mulut kemulut. Bertujuan untuk mengetahui apakah harga, dompet digital, kepuasan pelanggan, dan rekomendasi dari mulut ke mulut secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan waralaba (Studi kasus pada konsumen muslim kedai es krim MIXUE Kajen Kab - Pekalongan).
Jenis penelitian ini ialah penelitian kuantitatif, sumber data penelitian ini merujuk pada data primer yang berasal dari konsumen muslim es kri MIXUE Kajen dengan mendatangi langsung di kedai MIXUE. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan menggunakan rumus populasi tak hingga yang mendapatkan 100 responden. Dengan metode analisis data menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis data uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji hipotesis, dengan bantuan SPSS 26,00.
Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan dapat dikatakan bahwa harga, dompet digital dan rekomendasi dari mulut ke mulut berpengaruh signifikan atau positif terhadap loyalitas pelanggan. Hal ini dibuktikan dalam uji yang pertama yaitu uji t , variabel harga memiliki nilai t hitung 3,746 > 1,661 nilai t tabel, variabel dompet digital memiliki nilai t hitung 6,022 > 1,661 nilai t tabel, dan variabel rekomendasi dari mulut ke mulut memiliki nilai nilai T hitung 6,106 > 1,661 nilai t tabel. Kemudian varaibel kepuasan pelanggan tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan dibuktikan dengan nilai t hitung 1,601 < 1,661 nilai t tabel. Pada kejadian konsumen tidak puas namun loyal hal ini bukan berarti bahwa orang yang tidak puas tidak selalu berarti bahwa mereka tidak akan melakukan pembelian ulang. Karena keputusan pembelian tidak selalu dipengaruhi oleh diri sendiri, melainkan dipengaruhi oleh orang-orang terdekat seperti keluarga, teman, pacar atau orang-orang dekat yang lainnya. Untuk menjaga loyalitas pelanggan perusahaan tidak hanya menerapkan kepuasan pelanggan saja, perusahaan harus memiliki nilai yang unik seperti harga yang terjangkau, proses pembayaran yang mudah
Kata Kunci : Harga, Dompet Digital, Kepuasan Pelangga, Rekomendasi dari Mulut ke Mulut dan Loyalitas Pelanggan
23SK2341447.00 | SK EKOS 23.447 RIS p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain