SKRIPSI EKOS
Pengaruh Inovasi Produk, Brand Image, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Konsumen Muslim Batik Nilda Mas Kelurahan Banyurip Kota Pekalongan)
Sebagai kota kreatif dunia saat ini, Pekalongan merupakan pusat industri batik yang paling terkenal di Indonesia yang membuat batik menjadi keseharian masyarakat Pekalongan. Dengan banyaknya toko batik di Pekalongan, maka pengusaha industri batik harus mampu memperhatikan strategi pemasarannya. Dalam melaksanakan pemasaran yang baik, produsen harus mengetahui dahulu apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan konsumen, sehingga produk yang ditawarkan akan sesuai dengan permintaan konsumen. Salah satu industri batik yang ada di Pekalongan yaitu Batik Nilda Mas yang beralamatkan di Banyurip Alit Gang 3C No. 92, Kecamatan Pekalongan Selatan Kota Pekalongan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh inovasi produk, brand image, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian oleh konsumen muslim Batik Nilda Mas Kelurahan Banyurip Kota Pekalongan.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji valid dan reliabel dengan menggunakan sampel sebanyak 96 responden yang merupakan konsumen muslim Batik Nilda Mas Kelurahan Banyurip Kota Pekalongan. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dengan rumus Wibisono. Penelitian ini menggunakan metode analisis data uji regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 21.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel inovasi produk secara parsial berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Variabel brand image tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Kemudian secara simultan variabel inovasi produk, brand image, dan kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian.
Kata Kunci: Inovasi Produk, Brand Image, Kualitas Pelayanan, Dan Keputusan Pembelian.
DAFTAR PUSTAKA
Anatan, Lena Elitan dan Lina. (2009). Manajemen Inovasi. Bandung: Alfabeta
Bill, Aeker. (2008). Managing Brand Equity. Bandung: Alfabeta.
Cyhntia, dkk. (2022). Pengaruh Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Adminsitrasi dan Pelayanan Publik IX(1): 104-112.
Ernawati, Diah. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hi Jack Sandals Bandung. Jurnal Wawasan Manajemen 7(1).
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Harjanti, Andri Setiawan Tjang dan Dhyah. 2013.
Hendro. (2011). Dasar-Dasar Kewirausahaan. Jakarta: Erlangga.
Herianingrum. (2014). Kualitas Pelayanan Islam. Jurnal JRSTT 624.
Hermawan, Agus. Komunikasi Pemasarn. Jakarta: Erlangga, 2012.
Hidayah & Apriliani. (2019). Analisis Pengaruh Brand Image, Harga, Kualitas Produk,Dan Daya Tarik Promosi Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Batik Pekalongan. Journal of Economic, Business and Engineering 1(1).
Irwan & Wibowo. (2021). Pengaruh Brand Image, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen, Organisasi, dan Bisnis 1(4): 609-624.
Kotler P, dan Keler K. L. (2012). Manajemen Pemasaran Edisi ke 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, dan Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P, dan G Amstrong. (2013). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kuncoro, M. (2007). Ekonomi Industri Indonesia: Menuju Negara Baru. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Laksana, Fajar. (2008). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Graha Ilmu.
Manoy, dkk. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada CV Ake Maumbi. Jurnal EMBA 9(4): 314-323.
Maryana & Permatasari. (2021). Pengaruh Promosi Dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Gerai Baru Es Teh Indonesia di Bandar Lampung). Jurnal TECHNOBIZ 4(2): 62-69.
Miati, Iis. (2020). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Kerudung Deenay (Studi pada Konsumen Gea Fashion Banjar). Jurnal Abiwara 71-83.
Miati, Iis. (2019). Pengaruh Inovasi Produk terhadap Kepuasan Konsumen Handycrafts pada Sentra Kerajinan Bambu Mangkubumi Kota Tasikmalaya. Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis.
Naksir, dkk. (2022). Pengaruh Inovasi Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian DKI Martabak Mini Kota Gorontalo. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis 5(1).
Nalim, Y., Turmudi, S. (2012). Statistika Deskriptif. Pekalongan: STAIN Pekalongan Press.
Oscardo, Jason. (2021). Inovasi Produk, Persepsi Harga, Pengalaman Konsumen dan Strategi Positioning dalam Meningkatkan Keputusan Pembelian Pada PT. Cahaya Sejahtera Riau Pekan Baru. Jurnal Inovasi Bisnis dan Akuntansi, 2(1): 64-75.
Oscarl & Keni. (2019). Pengaruh Brand Image, Persepi Harga, Dan Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis 3(1): 20-28.
Patmala & Fatihah. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Di UKM Mart Kartika Widya Utama. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi 5(3).
Perdana, E. (2016). Olah Data Skripsi Dengan SPSS 22. Cetakan 1. ed. Christianingrum. Bangka Belitung: LAB KOM Manajemen FE UBB.
Purwanto, Suaryadi. (2007). Kewirausahaan Membangun Usaha Sukses Sejak Usia Muda. Jakarta: Salemba Empat.
Putra, I. B Panca. (2019). Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Niat Pembelian. Jurnal Manajemen.
Riadi, Edi. (2016). Statistika Penelitian (Analisis Manual dan IBM SPSS). Yogyakarta: CV Andi Offset.
Ridwan. (2007). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Riduwan dan Akdon. (2013). Rumus Dan Data Dalam Analisis Statistik. Bandung: Alfabeta.
Sarwenda Biduri, R. A. (2019). Pengaruh Theory of Planned Behavior, Pengetahuan, dan Motivasi Terhadap Niat Mahasiswa Untuk Berkarir. Konferensi Regional Akuntansi V.
Shanty Junita. (2015). Hubungan Brand Image dengan Pengambilan Keputusan Pembelian Iphone Series.
Sodik, A. M., Siyoto, S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Cetakan 1. ed. Ayup. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Cetakan ke. 19. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Cetakan ke-18. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Cv. Alfabeta.
Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi Pemasaram. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Wibowo, A. E. (2012). Aplikasi Praktis SPSS Dalam Penelitian. Yogyakarta: Gava Media.
23SK2341446.00 | SK EKOS 23.446 VIN p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain