SKRIPSI EKOS
Pengaruh Harga, Brand Imaage dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Model Batik Printing di Kota Pekalongan (Studi Kasus Konsumen Batik Printing di BBC)
Pada zaman industri saat ini yang persaingan bisnisnya semakin ketat, membuat para pelaku usaha atau perusahaan untuk lebih meningkatkan daya saingnya. Para pelaku usaha batik harus selalu melakukan inovasi dalam hal membuat batik, namun harus ada motif baru yang dapat menarik konsumen. Keputusan pembelian adalah aspek penting untuk mengetahui minat beli konsumen terhadap produk tersebut. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian yaitu harga, brand image dan kualitas produk. Para pelaku usaha batik bersaing semaksimal mungkin dalam memenuhi kebutuhan konsumennya. Oleh karena itu harga menjadi salah satu faktor penting bagi produk yang dipasarkan dapat terjual atau tidak, brand image yang harus mampu bersaing dalam persaingan pasar dan kualitas produk yang harus memiliki nilai lebih dan berbeda dari produk lainnya, yang mana menjadi jaminan disukai pembeli tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga, brand image dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian model batik printing di BBC.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket (kuesioner) dengan menggunakan sebanyak 96 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan nonprobability sampling. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukan secara parsial variabel harga, brand image dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Dengan hasil uji T diperoleh ttabel (1,661), variabel harga (X1) dengan thitung (5,577), brand image (X2) dengan thitung (5,031) dan kualitas produk (X3) dengan thitung (6,025). Kemudian untuk hasil uji F menunjukan secara simultan ketiga variabel independen berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dilihat dari Fhitung (40,949) > Ftabel (2,14) dan nilai sig 0,000 < 0,05.
Kata Kunci: Harga, Brand Image, Kualitas Produk dan Keputusan Pembelian.
DAFTAR PUSTAKA :
Basu Swastha dan Irawan. (2003). Manajemen Pemasaran Modern. Edisi kedua. Cetakan ke sebelas. Yogyakarta.
Basu Swastha dan Irawan. (2005). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty, hlm. 242
BPS. (2023). Kota Pekalongan dalam Angka 2023. Pekalongan: Badan Pusat Statistik Kota Pekalongan.
Buchari, Alma (2011). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Burhan Bungin. (2005). Metodelogi Penelitian Kuantitatif Komunikasi Ekonomi, Kebijakan Publik serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana, hal 85.
Dahrani, Syahfitri, A., (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Kepuasaan Pelanggan Online Shop Ditinjau dari Perspektif Islam Pada Home Industry Queenna Collection.
SOSEK: Jurnal Sosial dan Ekonomi (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara) Vol. 2, No. 3.
Danang Sunyoto. (2015). Manajemen Bisnis Ritel: Teori, Praktik dan Kasus Ritel. Jakarta: CAPS, hal. 75.
Desi, P. S. (2018). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Batik pada Galeri Batik Tabir Rani di Pekanbaru. Fakultas Ekonomi Universitas Islam Riau.
Duwi Priyanto. (2014). SPSS 22 Pengolahan Data Terpraktis. Yogyakarta: PT Andi Offset.
Fandy Tjiptono. (2008). Strategi Pemasaran. Edisi 3, Yogyakarta: Andi.
Fatimah, N., Kasnelly, S., Hamid, A. (2020). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Liberika dalam Perspektif Islam Pada Gerai Umkm Mekar Jaya. Al-Mizan: Jurnal Ekonomi Syariah (Sekolah Tinggi Agama Islam An-Nadwah Kuala Tungkal) Vol. 3, Ed. 2.
Firmansyah Anang. (2012). Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy). Jakarta: Qiara Media, Hlm. 25
Freddy Rangkuti. (2002). The Power Of Brand Teknik Mengelolah Brand Equity Strategi Pengembangan Merek. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.
Ghozali, Imam. (2005). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hoeffler, Keller. (2003). The Marketing Advantages of Strong Brands. Brand Management, Vol. 10, No.6
Husein Umar. (1998). Riset Sumber Daya Manusia dalam Organisasi. Jakarta: PTSUN, hlm. 99.
Husein Umar. (2009). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: Rajawali Pers.
Karim, Adiwarman. (2003). Ekonomi Mikro Islam. Jakarta: Penerbit III T Indonesia.
Kertajaya, H. dan Syakir M. S. (2006). Syari'ah Marketing. Cetakan Ke 3. Jakarta: PT Mizan Pustaka.
Kotler, Amstrong. (2012). Principles of Marketing, 14 ed New Jersey: Pearson Education Inc., p. 226
Kotler, Keller. (2016). Marketing Management, 15th Global Edition London: Pearson Education, Inc., p. 19.
Machfoedz, M. (2010). Komunikasi Pemasaran Modern. Yogyakarta: Cakra Ilmu.
Machfoedz, M. (2013). Pengantar Pemasaran Modern. Yogyakarta: Akademi Manajemen Pemasaran YPKPN.
Majid, A. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Tempe Barokah di Kecamatan Pamotan Kabupaten Rembang Jawa Tengah dalam Perspektif Ekonomi Islam. UIN Raden Intan Lampung.
Mamang & Sopiah. (2010). Metodelogi Penelitian Pendekatan Praktis dalam Penelitian. Yogyakarta: CV Andi Offset, hlm. 133.
Mas’ari, A., Ihsan, M. dan Dinda, M. (2019). Analisa Strategi Marketing Mix Menggunakan Konsep 4P (Price, Product, Place, Promotion) Pada PT. Haluan Riau, Jurnal Teknik Industri (UIN Sultan Syarif Kasim Riau). Vol. 5, No. 2, h. 81.
Musa Hubeis, Najib M. (2008). Manajemen Strategic Dalam Pengembangan Daya Saing Organisasi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kompas Gramedia, hlm. 1.
Muslimin, S., Zainab, Jafar W. (2020). Konsep Penetapan Harga dalam Perspektif Islam. Al-Azhar Journal of Islamic Economics (Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Azhar Gowa) Vol. 2 No. 1.
Novi (2022). Batik Printing Adalah Metode Membatik Dengan Diprint. https://www.merdeka.com/jabar/batik-printing-adalah-metode-membatik-dengan-diprint-begini-penjelasannya-kln.html
Nugraha, Jefri, P., Alfiah, D., Sinulingga, G. (2021). Teori Perilaku Konsumen. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management (NEM).
Nurul Huda. (2017). Pemasaran Syariah Teori dan Aplikasi, Kencana, Depok, h. 80.
Paujiah, R., Mulyadi, A., Gustiawati, S. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Syariah dan Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian. Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking, Vol. 2, No. 1.
Prasetijo, Ihalauw. (2005). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi Offset.
Raharjo, Sahid. 2020. “Cara Melakukan Uji Linearitas dengan Program SPSS,” SPSS Indonesia, https://www.spssindonesia.com/2014/02/uji- analisis-regresi-linear-sederhana.html.
Roni M., Endang R. (2021). Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) dalam Perspektif Syariah. Mutawazin (Jurnal Ekonomi Syariah IAIN Sultan Amai Gorontalo) Vol. 2, No. 1.
Saifuddin Azwar. (1999). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset, hal 105.
Sangadji, Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Andi Offset.
Satriani A. (2019). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Ponsel Iphone (Studi pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Makassar). Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar.
Schiffman, L. & Kanuk, L. (2008). Perilaku Konsumen Ed-7. PT. Macanan Jaya Cemerlang.
Sinulingga, A. N. & Sihotang, H. T. (2023). Perilaku Konsumen: Strategi dan Teori. IOCS Publisher.
Sopuroh, S., Tanjung, H. (2023). Pengaruh Bauran Promosi dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee dalam Perspektif Islam. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis Syariah (Universitas Ibn Kahldun Bogor) Vol. 5, No.2.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta, hal 199.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis Jakarta: Rineka Cipta, hlm. 27.
Sunarya, Sudaryono, Saefullah. (2011). Kewirausahaan. Yogyakarta: CV Adi Offiset, hlm. 241
Syafe’i, Rachmat. Fiqih Muamalah. Bandung: Pustaka Setia, 2000.
Syarifah, E., Nurhasanah, E., Sudrajat A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Batik Karawang. Jurnal Marketing (Universitas Singaperbangsa Karawang). Vol. 4 No. 1.
Syeikh Imam Al-Qurthubi. (2007). Tafsir Al-Qurthubi/Syeikh Imam Al-Qurthubi. Jakarta : Pustaka Azzam.
Syofian Siregar. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif dilengkapi dengan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Kencana, hlm. 34.
Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi, p. 152.
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran Edisi 4. Yogyakarta: Andi Offset.
Yusuf Muri. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group, hal 30.
Yusuf Muri. (2017). Metode Penelitian Kuantitatf, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana, hlm.150.
23SK2341444.00 | SK EKOS 23.444 MSU p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain