SKRIPSI EKOS
Analisis Pengaruh Lifestyle, Harga, Word of Mouth dan Etika Bisnis Islam Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Majesty Kopi Jengki, Tambahrejo, Bandar, Batang)
Keputusan akhir yang diambil oleh konsumen sebelum melakukan pembelian produk atau penggunaan jasa disebut dengaan keputusan pembelian. Keputusan pembelian konsumen dapat dipengaruhi oleh berbagai aspek diantaranya Lifestyle, Harga, Word Of Mouth, dan Etika Bisnis Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Lifestyle, Harga, Word Of Mouth, dan Etika Bisnis Islam terhadap Keputusan Pembelian di Majesty Kopi Jengki, Tambahrejo, Bandar, Batang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan data primer yang didapat dari penyebaran kuisioner kepada responden. Populasi dalam penelitian ini yaitu Konsumen Majesty Kopi Jengki dengan jumlah sampel sebanyak 97 responden. Teknik pengambilaan sampel dilakukan dengan metode Accidental sampling. Penelitian ini mengunakan metode analisis data uji regresi linier berganda dengan bantuan IBM SPSS Statistic 26.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Lifestyle berpengaruh terhdap keputusan pembelian, Harga tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, Word Of Mouth berpengaruh terhadap keputusan pembelian, Etika Bisnis Islam berpengaruh terhadap keputusan pembelian, dan keseluruhan variabel berpengaruh secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian di Majesty Kopi Jengki, Tambahrejo, Bandar, Batang.
Kata Kunci : Lifestyle, Harga, Word Of Mouth, Etika Bisnis Islam dan Keputusan Pembelian
DAFTAR PUSTAKA
Agustina, D. (2016). Pengaruh Gaya Hidup, dan Etnosentris terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Unikom.
Alfano, I. M., Studi, P., Islam, E., Islam, J. S., Ilmu, F., Islam, A., & Indonesia, U. I. (2020). Pengaruh Kualitas Produk , Etika Bisnis Islam , dan Pemasaran Terhadap Loyalitas Konsumen ( Studi Kasus : Coffeeshop Koffiekopi Jambi ) The Effect of Product Quality , Islamic Business Ethics , and Marketing on Consumer Loyalty ( Case Study : Coffeeshop K.
Ambolau, M. A. P., Kusumawati, A., & Mawardi, M. K. (2015). The Influence of Brand Awareness And Brand Image On Purchase Decision. Jurnal Administrasi Bisnis, 2(2), 1–8.
Arinda, M. K. (2020). Pengaruh Halal Lifestyle, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Memilih Kayla Nissa Salon & SPA Muslimah. 105.
Birusman, M. (2017). Harga Dalam Perspektif Islam. Mazahib, 4(1), 86–99.
Ena, M. Y., Nyoko, A. E. L., & Ndoen, W. M. (2020). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan, Lokasi Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Di Chezz Cafenet. Journal of Management : Small and Medium Enterprises (SMEs), 10(3), 299–310. https://doi.org/10.35508/jom.v10i3.1998
Fatimah, S., Rosliana, L., & Sulistiani, N. W. (2013). Pengaruh Gaya Hidup dan Konsep Diri Terhadap Pengambilan Keputusan Konsumen dalam Memilih Coffeeshop Di Samarinda. Ejurnal.Untag-Smd.Ac.Id, 1(1), 1–8.
Ghanimata, F., & Kamal, M. (2012). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Pembeli Produk Bandeng Juwana Elrina Semarang). Diponegoro Journal of Management, 1, 1–10.
Ginting, V. S. B., Irianto, H., & Utami, B. W. (2017). Pengaruh Gaya Hidup, Word Of Mouth Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Cafe Ngopi Serius Di Surakarta). In Jurnal Agrista (Vol. 5, Issue 1).
Haristianti, V. (2021). Analisis Faktor Kebetahan Pengunjung Coffee Shop Melalui Penilaian Kinerja Elemen Interior. Studi Kasus: Kafe dan Coffee Shop di Kawasan L.R.E Martadinata, Bandung. Jurnal Arsitektur ZONASI, 4(2), 196–209. https://doi.org/10.17509/jaz.v4i2.31609
Hoiriyah, Y. U., & Chrismardani, Y. (2021). Pengaruh Gaya Hidup Halal, Label Halal Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Ms Glow (Studi Pada Mahasiswi Universitas Trunojoyo Madura). Jurnal Kajian Ilmu Manajemen (JKIM), 1(2), 115–120. https://doi.org/10.21107/jkim.v1i2.11590
Mandasari, A. D. M. (2020). Pengaruh Cafe Atmosphere Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mi Rampok Di Lamongan. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(2).
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/45524
Muhammad Kemal, S. (2019). Pengaruh Good Corporate Governance Dan Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Sub Sektor Perkebunan. 52–80. http://eprints.peradaban.ac.id/579/4/411150013_BAB III.pdf
Muslimin, S., Zainab, Z., & Jafar, W. (2020). Konsep Penetapan Harga Dalam Perspektif Islam. Al-Azhar Journal of Islamic Economics, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.37146/ajie.v2i1.30
P, D. R. D. M. M. M. P. D. (2015). Pengaruh word of mouth, tingkat pendapatan dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian yang berdampak pada minat beli ulang konsumen (studi kasus pada produk bandeng juwana elrina semarang). Journal of Management, 1(1), 1–19. http://jurnal.unpand.ac.id/index.php/MS/article/view/254
Pangestu, S. D., & Suryoko, S. (2016). Pengaruh Gaya Hidup (Lifestyle) Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Pelanggan Peacockoffie Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(4), 519–530.
Purnamasari, R. D. (2018). Analisis Pengaruh Gaya Hidup Pengunjung Kafe Terhadap Keputusan Pembelian dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi pada Kafe Sama-Sama, Bandar Jaya, Lampung Tengah).
Skripsi.
Rahmadani, R., & Ananda, F. (n.d.). Keputusan Pembelian Di Online Shop Tokopedia Refika Rahmadani , Febryandhie Ananda.
Ridwan, M. (2018). Keputusan Pembelian Melalui Situs Belanja Online Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi kasus Pada Pengguna Aplikasi Lazada di Medan) Universitas Islam Negeri Sumatra Utara Medan. Repository.Uinsu.Ac.Id.
Saputra, G. W., & Ardani, I. G. A. K. S. (2020). Pengaruh Digital Marketing, Word of Mouth, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(7), 2596.
https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i07.p07
Sari, T. (2019). Pengaruh Lokasi Dan Word of Mouth Marketing Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Konsumen Di Asfar Fried Chicken Kudus). Manajemen Bisnis Syariah, 11–37.
http://repository.iainkudus.ac.id/3163/
Sasnita, A., Musyahidah, S., & Nursyamsu, N. (2020). Pengaruh Etika Bisnis Islam Terhadap Keputusan Pembelian Busana Muslimah Mahasiswi Jurusan Ekonomi Syariah IAIN Palu. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Islam, 1(2), 70–88. https://doi.org/10.24239/jiebi.v1i2.12.70-88
Shah, A. K. (1985). C237. On the coefficient of determination. Journal of Statistical Computation and Simulation, 22(2), 181–184. https://doi.org/10.1080/00949658508810842
Siqueira, M. S. S., Nascimento, P. O., & Freire, A. P. (2022). Reporting Behaviour of People with Disabilities in relation to the Lack of Accessibility on Government Websites: Analysis in the light of the Theory of Planned Behaviour. Disability, CBR and Inclusive Development, 33(1), 52–68. https://doi.org/10.47985/dcidj.475
Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan r&d. Bandung : Alfabeta
Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan r&d. Bandung : Alfabeta
Trisya Muliati, Faizal Nurmatias, & Khairul Azmi. (2021). Pengaruh Etika Bisnis Islam dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Muslim Pada Restaurant Dr. Nia Baker Seafood N Steak House di Kota Dumai. Al-Hisbah Jurnal Ekonomi Syariah, 2(2), 1–15. https://doi.org/10.57113/his.v2i2.53
Wenda Rumondor, P., Tumbel, A. L., J Ogi, I. W., & Ekonomi Dan Bisnis Jurusan Manajemen, F. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian. Harga.……. 1102 Jurnal EMBA, 5(2), 1102–1112.
Wiastuti, R. D., & Kimberlee, S. (2018). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian di Simetri Coffee Roaster Puri, Jakarta. Jurnal Pariwisata, 5(2), 133–146. https://doi.org/10.31311/par.v5i2.4073
Widiyanti, D., & Harti, H. (2021). Pengaruh Self-Actualization Dan Gaya Hidup Hangout Terhadap Keputusan Pembelian Di Kedai Kopi Kekinian Pada Generasi Milenial Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 15(1), 50–60. https://doi.org/10.9744/pemasaran.15.1.50-60
Wijaya, D. (2017). Pengaruh Motivasi Dan Gaya Hidup Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Perspektif., Vol. 15.(2), 79-88.
https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/perspektif/article/view/833/1610
Wiratna Sujarweni, 2015. Metodologi Penelitian Bisnis Ekonomi. Yokyakarta : Pustaka Baru.
23SK2341443.00 | SK EKOS 23.443 HEN a | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain