SKRIPSI EKOS
Analisis Saluran Distribusi Dalam Upaya Meningkatkan Volume Penjualan Air Minum Mineral Merek Nu Mineral Pada PT.Tunas Rinnai Perkasa Kabupaten Kendal
Pada operasionalnya, perusahaan membutuhkan saluran distribusi dalam hal penjualan. Peranan saluran distribusi dalam hal ini yaitu sebagai saluran untuk menyalurkan atau mendistribusikan produk kepada calon konsumen supaya produk mudah untuk didapat. Apabila jangkauan serta penyebaran produk ke daerah pemasaran semakin luas maka saluran distribusi bisa dikatakan baik. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui secara langsung saluran distribusi yang dipakai PT Tunas Rinnai Perkasa dalam memasarkan produk NU Mineral. (2) Mengetahui kendala-kendala yang dihadapi PT Tunas Rinnai Perkasa dalam mendistribusikan produk NU Mineral. (3) Mengetahui saluran distribusi yang dapat meningkatkan volume penjualan produk NU Mineral pada PT Tunas Rinnai Perkasa.
Indriyo Gitosudarmo (1994) dalam bukunya menyatakan distribusi adalah aktivitas yang perlu dilaksanakan oleh pengusaha untuk menyebarkan, menyalurkan, menyampaikan serta mengirimkan produk yang dipasarkannya tersebut kepada para konsumen. Oleh sebab tersebut maka dibutuhkan keberadaan penyalur. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah data penjualan dalam kurun waktu 5 tahun terakhir dari tahun 2017-2021 yang terdiri dari saluran distribusi dan volume penjualan setiap tahun. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research dan menggunakan pendekatan kualitatif. Analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Saluran distribusi yang selama ini diterapkan pada PT Tunas Rinnai Perkasa yaitu saluran distribusi langsung dan saluran distribusi tidak langsung dengan perantara agen, pengecer dan pedagang besar. (2) Kendala yang dihadapi PT Tunas Rinnai Perkasa dalam melaksanakan saluran distribusi adalah penyampaian barang kepada konsumen yang terkadang kurang tepat waktu, sulitnya memprediksi kebutuhan pasar, sulitnya memonitoring saluran distribusi yang sedang berjalan di lapangan, saluran distribusi yang digunakan PT Tunas Rinnai Perkasa tidak semuanya tepat sasaran. (3) Saluran distribusi yang tepat bagi PT Tunas Rinnai Perkasa untuk meningkatkan volume penjualan adalah saluran distribusi tidak langsung dengan perantara agen dan pengecer saja, serta melakukan monitoring terus menerus terhadap kegiatan saluran distribusi. Hal ini dilakukan untuk melihat apakah pendistribusian sudah tepat sasaran dan tepat waktu apa belum, serta memantau persediaan barang di seluruh anggota saluran untuk mengantisipasi terjadinya kekosongan barang.
Keywords: Saluran distribusi, Volume penjualan
DAFTAR PUSTAKA
Arif Yusuf Hambali. (2016). Pemahaman Strategi Bisnis & Kewirausahaan. Prenadamedia Group.
Basu Swastha D H. (1996). Azas-azas Marketing. Liberty Offset.
Basu Swastha D H, & Ibnu Sukotjo. (2007). Pengantar Bisnis Modern. Liberty Offset.
Basu Swastha D H. (2015). Manajemen Penjualan. BPFE.
Basuki, K. (2019). Metode Analisis Data. ISSN 2502-3632 (Online) ISSN 2356-0304 (Paper) Jurnal Online Internasional & Nasional Vol. 7 No.1, Januari – Juni 2019 Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta.
Benny Siboro. (2014). Analisis Strategi Saluran Distibusi Minyak Pelumas Enduro pada PT Arjuna Lumas Dwiguna Pekanbaru. Jurnal Ekomomi 3.
Boedi Abdullah, & Beni Ahmad Saebani. (2014). Metode Penelitian Ekonomi Islam (Muamalah). Pustaka Setia.
Danang Sunyoto. (2014). Studi Kelayakan Bisnis. CAPS.
Deddy Mulyana. (2004). Metodolodi Penelitian Kualitatif (Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya). REmaja Rosdakarya.
Dr. Ibrahim. (2015). Penelitian Kualitatif. Journal Equilibrium.
Firman. (2006). Analisis Saluran Distribusi Produk Aqua Gallon Pada PT. Helindo Mitratirta Pekanbaru. Fakultas Ekonomi Dan Ilmu Sosial UIN Suska Riau.
Indriyo Gitosudarmo. (1994). Manajemen Pemasaran. BPFE.
Jeff Madura. (2001). Pengantar Bisnis. Salemba Empat.
Kasiram. (2008). Metodologi Penelitian. In Pendidikan.
Kasmir. (2013). Kewirausahaan. Raja Grafindo Persada.
Lrviana, A. (2019). Validitas Data. In Universitas Katolik Parahyangan.
Marinus P. Anggipora. (2002). Dasar-Dasar Pemasaran. PT Raja Grafindo Persada.
Ma’ruf Abdullah. (2014). Manajemen Bisnis Syariah. Aswaja Pressindo.
Mayra, G. (2013). Triangulasi. Journal of Chemical Information and Modeling.
Miles, M. B., & Huberman, M. A. (2012). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. In Universitas Indonesia_UI Press.
Muhadjir, N. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Solusi dalam mengatasi masalah pembangunan kesehatan masyarakat di indonesia.
Muhammad Husni Mubarok. (2010). Pengantar Bisnis. Nora Media Enterprise.
Mukhamad Saekan. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Nora Media Enterprise.
Mursid. (2003). Manajemen Pemasaran. Bumi Aksara.
Nasution. (2002). Metode Penelitian Naturalistik-Kualitatif. Tarsito.
NU Mineral.id. (2020). NUmineral. numineral2020.blogspot.com
Nur Indrianto, & Bambang Supomo. (2002). Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen. BPFE.
Nurlatipa, Muh. Amir, & Sartono. (2010). Strategi Saluran Distribusi dalam Meningkatkan Volume Penjualan Gas Elpiji 12 Kg dan 50 Kg Pada PT Cahaya Berlian Syukur Kota Kendari. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis 2.
Oliver, J. (2019). Reduksi Data. Hilos Tensados.
Rahmat, P. S. (2009). Penelitian Kualitatif. In Journal Equilibrium.
Rohman. (2008). Analisis Saluran Distribusi Herbisida Pada PT. Kresna Bumitama Sejati Cabang Riau. Fakultas Ekonomi Dan Ilmu Sosial UIN Suska Riau.
Saifuddin Azwar. (2004). Metode Penelitian. Pustaka Pelajar.
Sedarmayanti, & Syarifuddin Hidayat. (2011). Metodologi Penelitian. cv. mandar maju.
Sofjan Assauri. (2011). Manajemen Pemasaran Dasar dan Konsep. Raja Grafindo Persada.
Sofjan Assauri. (2013). Manajemen Pemasaran Dasar Konsep dan Strategi. Raja Grafindo Persada.
Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Andi Offset.
Sugiyono. (2004). Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta.
Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
Sugiyono. (2006). Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.
Suliyanto. (2009). Metode Riset Bisnis. Andi Offset.
Supramono, & Jony Oktavian Haryanto. (2005). Desain Proposal Penelitian Studi Pemasaran. Andi Offset.
Sutrisno Hadi. (1989). Metodologi Research jilid 1. Andi Offset.
Thamrin Abdullah, & Francis Tantri. (2014). Manajemen Pemasaran. Raja Grafindo Persada.
W. Gulo. (2010). Metodologi Penelitian. Grastindo.
Www.infosaja.net. (2021, September 10). [Personal communication].
Ma’ruf Abdullah, Manajemen Bisnis Syariah, (Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2014), 225.
23SK2341441.00 | SK EKOS 23.441 AHM a | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain