SKRIPSI EKOS
Pengaruh Promo Gratis Ongkir, Citra Toko dan Ulasan Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian di E-Commerce Shopee (Studi Kasus Mahasiswa FEBI UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan Angkatan 2019-2020)
Keputusan pembelian adalah keputusan yang dibuat seseorang berdasarkan adanya dua atau lebih alternatif pilihan yang ada. Saat membeli produk secara online, calon konsumen mencari informasi yang dapat dipercaya tentang kualitas produk. Pencarian informasi tersebut bisa melalui fitur citra toko dan ulasan pelanggan. Sedangkan promo gratis ongkos kirim merupakan salah satu bentuk promosi di marketplace yang memberikan subsidi kepada setiap konsumen yang melakukan pembelian di Shopee. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh parsial dan simultan Promo Gratis Ongkir, Citra Toko dan Ulasan Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa FEBI UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan Angkatan 2019-2020.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Data yang digunakan adalah jenis data primer. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode kuesioner yang disebar secara online melalui google formulir. Teknik sampling yang digunakan adalah Non Probability Sampling, dengan teknik Purposive Sampling dan diperoleh sampel sebanyak 384 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda
Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Promo Gratis Ongkir tidak berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian mahasiswa FEBI UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan Angkatan 2019-2020, (2) Citra toko dan Ulasan Pelanggan berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian mahasiswa FEBI UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan Angkatan 2019-2020, (3) Promo Gratis Ongkir, Citra Toko dan Ulasan Pelanggan berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian mahasiswa FEBI UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan Angkatan 2019-2020.
Kata Kunci : Promo Gratis Ongkir, Citra Toko, Ulasan Pelanggan, dan Keputusan Pembelian
DAFTAR PUSTAKA :
Adabi, N. (2020). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Indihome di Witel Telkom Depok. Jurnal Manajemen, 12(1), 32–39. https://doi.org/https://doi.org/10.30872/jmmn.v12i1.7259
Ardany, windya setya. (2018). Pengaruh Promo Gratis Ongkos Kirim, Online Customer Review, Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Di Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa IAIN Kudus Prodi Ekonomi Syariah Angkatan 2018). 89.
Arfianti, A. N., & Widiartanto. (2018). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian melalui Marketplace Shopee . Administrasi Bisnis, 1–11.
Auli, S., Basalamah, M. R., & Millannintyas, R. (2021). Pengaruh Diskon Dan Promo Gratis Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee. Jurnal Riset Manajemen, 5, 111–121.
www.fe.unisma.ac.id
Cahyono, Y. T., & Wibawani, I. D. (2021). Pengaruh Harga, Online Customer Review, dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee. HUBISINTEK, 1(2), 867.
Dharmawan, W. P., & Oktafani, F. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perubahan Perilaku Konsumen dalam Keputusan Pembelian Makanan pada Aplikasi Gojek. Journal of Management & Business, 5(1), 130–140. https://doi.org/https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.1899
Elsasari, F. H., Manajemen, P. S., & Surakarta, U. M. (2021). Pengaruh Online Customer Review , Rating , Dan Promo Gratis Ongkos Kirim Terhadap Keputusan. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Fauzan, M. (2019). Pengaruh Promosi Gratis Ongkos Kirim, Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan pembelian pada marketplace Shopee. Journal Riset Manajemen, 40100117027.
Fuad, L. (2018). Jual Beli Gratis Ongkos Kirim, Menurut Islam. Jurnal Ilmiah, 1–9.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivarieter: Dengan Program IBM SPSS 25 (9 ed.). Universitas Diponegoro.
Hadiwijaya, L. V. (2021). Pengaruh Customer Online Review dan Persepsi Harga pada Minat Beli Konsumen Shopee dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Hariyanto, H. T., & Trisunarno, L. (2020). Analisis Pengaruh Online Customer Review , Online Customer Rating , dan Star Seller terhadap Kepercayaan Pelanggan Hingga. Jurnal Teknik ITS, 9(2).
Hutagaol, C. D. (2019). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen di Pajak USU (PAJUS) Medan. Jurnal Manajemen.
Maharta, G. W., Meitriana, M. A., & Zukhri, A. (2018). Pengaruh Store Image Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Krisna 5 Singaraja. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 10(1), 179–188.
Minuriha, D. A. (2018). Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli dalam Marketplace Online Shopee di Kalangan Mahasiswa UINSA Surabaya. UIN Sunan Ampel Surabaya.
Ningtyas, G. S. (2021). Pengaruh E-Wom, Costumer Rewiew dan Gratis Ongkir Terhadap Keputusan Pembelian di Shopee. Universitas Putera Batam, 1–77.
Pravitasari, D., Ferichani, M., & Sundari, M. T. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja. 13(2), 107–120.
Putri, R. A., & Fenalosa, A. (2022). Laporan Perusahaan E-commerce Yang Paling Banyak Dikunjungi Pada Kuartal I 2022. Iprice.co.id. https://iprice.co.id/trend/insights/laporan-perusahaan-e-commerce-mana-yang-paling-berpengaruh-di-asia-tenggara-pada-q1-2022/
Rahmah, A. (2018). Pengaruh Dimensi store image terhadap Keputusan Pembelian pada Hypermarket di Pusan Perbelanjaan (Studi pada Konsumen Carrefour Ambarukmo Plaza). Universitas Negeri Yogyakarta.
Rismalasari, Slamet, A. R., & Hatneny, A. I. (2019). Pengaruh Lifestyle, Brand Image, Kualitas Produk Dan Store Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Three Second Malang. Riset manajemen, 1–16.
Sari, V. N. (2019). Pengaruh Gratis Ongkos Kirim, Diskon, Dan Iklan Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha Yogyakarta. STIE Widya Wiwaha Yogyakarta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Virawati, E. (2020). Pengaruh Store Image, Online Customer Review Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya). In UIN Sunan Ampel Surabaya (Vol. 1, Nomor 1). UIN Sunan Ampel Surabaya.
Yoana Putri, M., & Fathorrahman, F. (2022). Pengaruh Patronage Buying Motives Dan Promosi Gratis Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian Di Shopee. Distribusi - Journal of Management and Business, 10(1), 105–116. https://doi.org/10.29303/distribusi.v10i1.212
23SK2341439.00 | SK EKOS 23.439 NUR p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain