SKRIPSI EKOS
Pengaruh Trend Fashion, Norma Subyektif dan Komunikasi Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Nibras (Studi Pada Masyarakat Muslim di Kabupaten Pekalongan)
Busana muslim dan muslimah yang dikenakan oleh masyarakat Indonesia telah berkembang sejalan dengan trend modernisasi. Perkembangan teknologi menyebabkan banyak model busana muslim dan muslimah yang semakin beragam Hal ini, membawa dan mendorong munculnya perubahan besar dalam perilaku dan cara berpakaian umat Islam di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh trend fashion, norma subyektif, dan komunikasi marketing terhadap keputusan pembelian produk Nibras (studi pada masyarakat muslim di kabupaten Pemalang).
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode angket (kuesioner) dengan menggunakan sampel sebanyak 97 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling dengan metode teknik Accidental Sampling.Penelitian ini menggunakan meyode analisis data uji regresi linier berganda dengan bantuan IBM SPSS Statistics 26.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa trend fashion dan komunikasi marketing berpengaruh secara persial namun variabel norma subyektif tidak berpengaruh secara persial terhadap keputusan pembelian produk Nibras. Kemudian secara simutan, trend fashion, norma subyektif, dan komunikasi marketing juga berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Nibras studi pada masyarakat muslim di kabupaten Pemalang). Serta memiliki nilai pada Adjusted R Square yaitu 0,467 sama dengan 46,7%. maka disimpulkan variabel trend fashion (X1), norma subyektif (X2), dan komunikasi marketing (X3) mempengaruhi berubahnya Keputusan Pembelian sebesar 46,7%.
Kata Kunci : Trend Fashion, Norma Subyektif, Komunikasi Marketing dan Keputusan Pembelian
DAFTAR PUSTAKA
Abdullah, P. M. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. In Aswaja Pressindo.
Afifi, G. R. (2020). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Narapidana Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Cirebon (Pas Mart). Jurnal Promosi - Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 8(1), 9–17.
Agung Edy Wibowo. (2012). Aplikasi Praktis SPPS Dalam Penelitian. Gava Media.
Agustin, R. R., & Diana, N. (2020). Pengaruh Ekspetasi Pendapatan, Motivasi, Pendidikan kewarganegaraan, Dan Norma Subyektif Terhadap Minat Untuk Berwirausaha (studi kasus pada mahasiswa S1 Akuntansi FEB Unisma dan UM). Jurnal Akuntasi, 09(04), 126–140.
Anafarhanah, S. (2019). Tren Busana Muslimah Dalam Perspektif Bisnis Dan Dakwah. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 18(1), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v18i1.2999
Andriani. (2008). Manajemen Pemasaran (B. Sabran (ed.)). Erlangga.
Anjarsari, V., & Pradana, M. (2021). The Effect Of Marketing Communication And Experiental Marketing On Purchasing Decisions In Marketplace Dhopee (a study on marketplace shopee at Telkom University). E-Proceeding of Management, 8(5), 6154–6171.
Arsita, N. (2021). Pengaruh Gaya Hidup Dan Trend Fashion Terhadap Keputusan Pembelian Online Produk Fashion Pada Media Sosial Instagram. Jurnal Ilmu Manajemen Saburai (JIMS), 7(2), 125–131.
https://doi.org/10.24967/jmb.v7i2.1390
Atmaja, L. S. (2009). Statistika untuk Bisnis dan Ekonomi (Ed, II). Andi Offset.
Barnard, M. (2016). Fashion sebagai komunikasi cara mengkomunikasikan identitas sosial, seksual, kelas dan gender. Jalasutra.
Batjo, N. (2018). Penerapan Komunikasi Pemasaran Terhadap Perilaku dan Putusan Pembelian. Dinamis : Journal of Islamic Management and Bussiness, 1(2), 9–40.
Bugin, B. (2005). Metodologi Penelitian KuantitatifEkonomi dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-ilmu Sosial Lainnya. Pramedia Group.
Delima, M. K., & Humaidi, M. A. (2020). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terhadap Keputusan Membeli Buku Oleh Masyarakat Pada Gramedia Banjarmasin Veteran. Jurnal Mutakallimin : Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.31602/jm.v3i1.3526
Dermawan, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif (P. Latifah (ed.); Cetakan Pe). PT Remaja Rosdakarya Offset.
Dinata, S. (2007). Theories of Fashion Costume and Fashion History. 7–30.
Ediyanto. (2016). Pengaruh Sikap Dan Norma Subjektif Terhadap Minat Dan Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Perguruan Tinggi Universitas Abdurrachman Saleh Situbondo (UNARS). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis GROWTH, 14(2), 58–71.
Fahyuni, R., Widianto, A., & Susiltyowati, D. (2018). Analisis Harga Produk Terhadap Tingkat Penjualan Busana Muslim Merek Nibras Pada Dinia House Of Hijab Cabang Werkudoro Tegal. Politeknik Harapan Bersama Tegal, 1–5.
Fawaid, A. (2017). Pengaruh Digital Marketing System, Terhadap Daya Saing Penjualan Susu Kambing Etawa. IQTISHADIA Jurnal Ekonomi & Perbankan Syariah, 4(1), 104–119.
https://doi.org/10.19105/iqtishadia.v4i1.1134
Firmansyah, M. A. (2020). Komunikasi Pemasaran (T. Q. Media (ed.); 1st ed., Issues 978-623-7925-18–7). CV. Penerbit Qiara Media. https://www.researchgate.net/publication/342644678
Ginting, M. C., & Silitonga, ivo maelina. (2019). Pengaruh Pendanaan Dari Luar Perusahaan dan Modal Sendiri Terhadap Tingkat Profitabilitas pada Perusahaan Property And Real Estate Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen, 5(2), 195–204. http://ejournal.lmiimedan.net/index.php/jm/article/view/69
Group, N. (2022). Bergabung Dengan Paramitra Nibra’s. NBRS Corp Official. https://www.nbrscorp.co.id
Haloho, E., & Purba, M. L. (2018). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kredit Pensiun Di PT. Bank Sumut Kc. Kampung Lalang Medan. Mutiara Manajemen, 3(1), 187.
http://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/1073248
Hanafi, A., & Wahab, Z. (2017). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu Terhadap Keputusan Pembelian Pengunjung Serta Dampaknya Pada Keputusan Perpanjangan Sewa Penyewa Kios Di Palembang Square Mall (Ps Mall). Jurnal Manajemen, 20(3), 488–506. https://doi.org/10.24912/jm.v20i3.20
Hanan, A. (2019). Komunikasi Massa. IPB.
Haryanti, I., & Nurdin, H. (2021). Trend Fashion Dan Gaya Hidup Hedonis Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Berhijab Di Kota Bima Fashion Trends And Hedonic Lifestyle Towards Purchase Decisions For Hijab Clothing In Bima City. 11, 124–135.
Imam Ghazali. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Imam Ghazali. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.
Indrawati, A. (2019). Analisis Trend Kinerja Keuangan Bank Kaltim. Jurnal Akuntasi, 1(2), 226–235.
Irwansyah, R., Listya, K., Setiorini, A., Hanika, I. M., Hasan, M., Utomo, K. P., Bairizki, A., Lestari, A. S., Rahayu, D. W. S., Butarbutar, M., Nupus, H., Hasbi, I., Elvera, & Triwardhani, D. (2021). Perilaku Konsumen. In Widina.
Jayanti, S. T. (2020). Pengaruh Trend, Motif dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ekonomi Mahasiswa (JEKMa), 1(1).
Komunikasi, P. (2018). Teori-Teori Komunikasi Pemasaran. Pakarkominikasi.Com. https://pakarkomunikasi.com/teori-komunikasi-pemasaran
Kristina. (2021). Pakaian Yang Baik di Mata Allah SWT Menurut Surah Al A’raf Ayat 26. Detik.Com. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5765023/pakaian-yang-baik-di-mata-allah-swt-menurut-surah-al-araf-ayat-26
Martono, N., Yuwono, E. P., & Rahardjo, M. P. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Analisis isi dan Analisis Data Sekunder Edisi Revisi 2. In K. P. U. Offset (Ed.), Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis isi dan analisis data Sekunder: Vol. Edisi Revi (2nd ed.). Rajawali Press. https://play.google.com/books/reader?id=tUl1BgAAQBAJ&hl=id&pg=GBS.PT20
Maryam, S. (2019). Analisis Busana Muslim Sebagai Busana Populer Menolak Modernisasi Busana Yang Erotis. Jurnal Teknologi Kerumahtanggaan, 1.
Miftahuddin, M. A., Wibowo, U. D. A., & Alfalisyado, A. . (2020). Analisis religiusitas, halal brand personality dan norma subyektif terhadap keputusan pembelian kosmetik pada Remaja di Kota Purwokerto. Al Tijarah, 6(3), 31. https://doi.org/10.21111/tijarah.v6i3.5605
Mihartinah, D., & Coryanata, I. (2019). Pengaruh Sikap Terhadap Perilaku, Norma Subjektif, Dan Kontrol Perilaku Persepsian Terhadap Niat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengambil Sertifikasi Chartered Accountant. Jurnal Akuntansi, 8(2), 77–88. https://doi.org/10.33369/j.akuntansi.8.2.77-88
Moniaga, N. A., Paputungan, R., & Kalangi, J. S. (2017). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terhadap Minat Beli Produk PT. Indofood CBP Sukses Makmur Bitung. VI(1).
Muchammad Fauzi. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Sebuah Pengantar (M. N. Ichwan (ed.); Cetakan Pe). Walisongo Press.
Mukromin, W. L. (2019). Media Sebagai Lembaga Sosial Dan Komersial. Jurnal Al-Nashihah, 3(2), 135–160.
Muri, T. (2020). Perusahaan Busana Muslim Dengan Pertumbuhan Tercepat. Muri Rekor Dunia-Indonesia.
https://muri.org/Website/Rekor_detail/perusahaanbusanamuslimdenganpertumbuhantercepat#:~:text=Disusun oleh tim Muri&text=PT Fatahillah Anugerah Nibras adalah,umat Muslim dalam bidang fesyen
Nasution, S. (2014). Metode Researsh (Penelitian Ilmiah) (cetakan 14). Bumi Aksara.
Nitisastro, M. (2012). Perilaku Konsumen. Alfabeta.
Oktavania, W. P. (2019). Pengaruh Pemasaran Langsung dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah Exclusive Matte Lip Cream Di Tokopedia. Expose: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1), 27. https://doi.org/10.33021/exp.v2i1.543
Papeo, A., Kalangi, J. A. F., & Punuindoong, A. (2018). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terhadap Citra Perusahaan PT. Telkom Indonesia Manado. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 6(3), 69–78.
Patiro, S. P. S., & Budiyanti, H. (2016). Keyakinan Normatif, Sikap, Dan Pengetahuan Fitness Mania Dalam Mengonsumsi Suplemen Amino 2000: Sebuah Studi Pendahuluan. Sustainable Competitive Advantage …, 220(2008). http://www.jp.feb.unsoed.ac.id/index.php/sca-1/article/view/230
Pekalongan, N. H. (2019). Nibras Mengutamakan Kenyamanan Busana Muslim Anda. Radar Pekalogan. https://radarpekalongan.co.id/63660/nibras-mengutamakan-kenyamanan-busana-gamis-anda/
Pemalang, D. (2018). Kependudukan Agama Kabupaten Pemalang. Siduka Dispermadesdukcapil. https://sikuda.dispermadesdukcapil.jatengprov.go.id/kependudukan/agama/201802/27
Pemalangkab.go.id. (2022). Meski Nilainya Naik, IPM Pemalang Masih Dibawah Provinsi dan Nasional. Pemalangkab.Go.Id. https://pemalangkab.go.id/2022/03/meski-nilainya-naik-ipm-pemalang-masih-dibawah-provinsi-dan-nasional#:~:text=Di bidang ekonomi capaian Pertumbuhan,minus (-) 0%2C66 persen
Pemerintahan, B. (2016). Profil Kabupaten Pemalang. Pemalangkab.Go.Id. https://pemalangkab.go.od/profil/kabupaten-pemalang
Prayatno, D. (2010). Paham Analisis Statistik Data dengan SPSS. Mediakom.
Prifanti, D. N. S. (2022). Pengaruh Kepercayaan dan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Fashion Pada Onlineshop NRHXNABILIA Di Jember. At-Tasharruf “Jurnal Kajian Ekonomi Dan Bisnis Syariah,” 2(1), 2–3.
Putri, F. R. (2018). PengaruhSikap dan Norma Subyektif terhadap Keputusan Pembelian Barang secara Online melalui Aplikasi Shopee. Journal Riset Mahasiswa Manajemen (Jrmm), 1(2), 1–7.
Ramadhayanti, A. (2021). Pengaruh Komunikasi Pemasaran dan Affiliate Marketing terhadap Volume Penjualan. Al-Kalam, 8(1), 94–104.
Ramdhani, N. (2011). Penyusunan Alat Pengukur Berbasis. Buletin Psikologi, 19(2), 55–69.
Rawis, A. G. G., Mandey, S. L., & Roring, F. (2022). Pengaruh Periklanan, Publisitas, dan Promosi Penjualanan Terhadap Keputusan Menggunakan Aplikasi Grab DiManado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(1), 308–319.
Redi, P. (2019). Komunikasi Pemasaran: Pemasaran sebagai Gejala Komunikasi dan Komunikasi sebagai Strategi Pemasaran. In Prenada Media. www.prenadamedia.com
Roesbani, W., & Soerjaatmadja, R. (2015). Jogja Fashion Center. E-Jurnal Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
Rohmawati, H. S. (2020). Busana Muslimah Dan Dinamikanya Di Indonesia. Aqlam: Journal of Islam and Plurality, 5(1), 96–115. https://doi.org/10.30984/ajip.v5i1.1151
S. Sumolang, K., & L. Mandey, S. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Mahasiswa Menggunakan Kartu Simpati Telkomsel the Factors Which Influence Unsrat ’ S Faculty of Economics Students ’ To Make Purchasing Decision on Simpati Telkomsel Calling Card. 6(1), 261–270. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/19048
Salafudin. (2005). Statistika Terapan Untuk Penelitian Sosial. STAIN Pekalongan Press.
Salim, H. S., Goh, T. S., & Margery, E. (2022). Pengaruh Komunikasi pemasaran dan Produk terhadap Keputusan pembelian di PT. Furnilux Indonesia. Jurnal Bisnis Kolega, 8(1), 9–21.
Santoso, E. D., & Larasati, N. (2019). Benarkah Iklan Online Efektif Untuk Digunakan Dalam Promosi Perusahaan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 13(1), 28–36. https://doi.org/10.32812/jibeka.v13i1.99
Sari, D. N. (2018). Pengaruh Trend Fashion Terhadap Keputusan Pembelian.
Sari, I. D., Patrikha, F. D., Ekonomika, F., & Negeri, U. (2021). Pengaruh e-gaya hidup , trend fashion , dan customer experience terhadap impulse buying produk fashion konsumen The effect of e-lifestyle , fashion trends , and customer experience on impulse buying of consumer fashion products. 18(4), 683–690.
Seni, N. N. A., & Ratnadi, N. M. D. (2017). Theory of Planned Behavior Untuk Memprediksi Niat Berinvestasi. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 12, 4043.
https://doi.org/10.24843/eeb.2017.v06.i12.p01
Shadrina, A. N., Fathoni, M. A., & Handayani, T. (2021). Pengaruh Trendfashion, Gaya Hidup, Dan Brand Image Terhadap Preferensi Fashion Hijab. Journal of Islamic Economics (JoIE), 1(2), 48–71.
https://doi.org/10.21154/joie.v1i2.3224
Siregar, S. (2013). Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif : dilengkapi dengan perhitungan manual aplikasi SPSS versi 17 (F. Hutari (ed.); 1st ed.). Bumi Aksara.
Siregar, S. (2014). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif (F. Hutari (ed.); Cetakan Ke). PT Bumi Aksara.
Sudiyono, Kurniawati, M., & Mustikowati, R. I. (2018). Manajemen Pemasaran Usaha Wisata. Manajemen Pemasaran Usaha Wisata, 6.
Sugiyono, (n.d). (n.d.). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Kedua. Alfabeta.
Sugiyono, (n.d). (2007). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D. Alfabeta.
Sugiyono, (n.d). (2014). Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta.
Sujarweni, V. W., & Endrayanto, P. (2012). Statistik untuk Penelitian. Graha Ilmu.
Sujianto, A. E. (2009). Aplikasi Statistik Dengan SPSS 16. Prestasi Pustaka.
Sukanto, S. (2014). Kamus Sosiologi. Raja Grafindo.
Supriyanto. (2018). Trend Busana Muslimah Dan Perilaku Keagamaan Di Kalangan Karyawati (Studi Terhadap Karyawati Pabrik Bulu Mata Di Kabupaten Purbalingga. Yin Yang, 13(2), 48–59. http://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/yinyang/article/view/2107
Syafiq, S. S. (2021). Pengaruh Motivasi, Reward Dan Punishment Terhadap Kinerja Karyawan (Studi kasus Klinik Kecantikan Puspita Bandar Lampung). Jurnal Ilmu Manajemen Saburai (JIMS), 7(1), 57–66.
https://doi.org/10.24967/jmb.v7i1.1070
Syahrul, A. R., Saputra, S. E., & Syamra, Y. (2021). Pengaruh Norma Subjektif, Risiko Membeli dan Sikap Terhadap Keputusan Pembeliaan Sepatu Adidas Palsu (Studi Empiris Pada Mahasiswa di Kota Padang).
Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 12(2), 60. http://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/manajemen/article/view/688%0Ahttps://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/manajemen/article/download/688/479
Tantawi, R., & Husaini. (2017). Analisis Pengaruh Sikap , Norma Subyektif dan Keperilakuan terhadap Niat Konsumen Membeli Smartphone Blackberry. Jurnal Penelitian Ekonomi Akuntansi (JENSI), 1(2), 161–174.
Trisdayana Aryadhe, Alit Suryani, I. B. S. (2018). Pengaruh Sikap dan Norma Subyektif Terhadap Niat Beli dan Keputusan Pembelian Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana ( Unud ), Bali , Indonesia Sifat manusia yang tidak pernah puas dan mempunyai beragam keinginan menuntut produsen untuk selalu me. E-Jurnal Manajemen Unud, 7(3), 1452–1480.
Tyaswara, B., Rizkina Taufik, R., Suhadi, M., Danyati, R., & Bahasa Asing BSI Jakarta, A. (2017). Pemaknaan Terhadap Fashion Style Remaja Di Bandung. Jurnal Komunikasi, 3(September), 2579–3292.
Wijayanti, D. R., Rizal, N., & Sulistyan, R. B. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Edisis Ketiga (Issue April).
Witriyana, Y., Faisal, I., & Rifani, A. (2019). Pengaruh Sikap, Norma Subyektif, Kontrol Perilaku Terhadap Minat Beli Produk Secara Online Di Shopee. Jurnal Ilmu Manajemen Indonesia, 2(1), 39–52.
https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/jim/article/view/1757/1417
Yuliantari, K., & Widayati, K. (2020). Kualitas Komunikasi Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT ABC. Jurnal Perspektif, 18(1), 60–67. https://doi.org/10.31294/jp.v18i1.7574
Yusuf, A. M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan (Suwito (ed.); Cetakan Pe). PT Fajar Interoratama Mandiri.
23SK2341438.00 | SK EKOS 23.438 SHA p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain