SKRIPSI EKOS
Pengaruh Kepercayaan, Komitmen, Harga dan Keluhan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus pada Pelanggan Kantor POS Kota Pekalongan
Dalam dunia bisnis, banyak perusahaan yang saling berlomba untuk mendapatkan pangsa pasar termasuk Kantor Pos Kota Pekalongan, sehingga hal ini memacu perusahaan untuk berusaha terus maju dalam memperbaiki bisnisnya. Salah satu strategi yang dapat digunakan oleh perusahaan adalah membangun loyalitas pelanggan.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji valid dan reliabel dengan menggunakan sampel sebanyak 96 responden yang merupakan pelanggan di Kantor Pos Kota Pekalongan. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling dengan rumus Wibisono. Penelitian ini menggunakan metode analisis data uji regresi linier berganda dengan bantuan IBM SPSS 25.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel komitmen secara parsial tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Variabel kepercayaan, harga dan keluhan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kemudian secara simultan variabel kepercayaan, komitmen, harga dan keluhan pelanggan berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan.
Kata Kunci: Kepercayaan, Komitmen, Harga, Keluhan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan.
DAFTAR PUSTAKA
8-Implementasi Strategi Pemasaran Relasional Dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pelanggaan -Wiyadi, Sylvia, Ganang (56-63).pdf. (n.d.). Retrieved April 4, 2023, from https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/4725/8-Implementasi%20Strategi%20Pemasaran%20Relasional%20Dan%20Pengaruhnya%20Terhadap%20Kepuasan%20Pelanggaan%20-Wiyadi%2C%20Sylvia%2C%20Ganang%20%2856-63%29.pdf?sequence=1&isAllowed=y
Artanti, Y., & Ningsih, L. (2011). PENGARUH PENANGANAN KELUHAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH PT. BANK MUAMALAT INDONESIA,TBK. DENGAN KEPUASAN NASABAH SEBAGAI VARIABEL PERANTARA (STUDI PADA NASABAH BANK MUAMALAT CABANG SURABAYA). Benefit: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 14(2), Article 2. https://doi.org/10.23917/benefit.v14i2.1320
Ayuwardani, R. P., & Isroah, I. (2018). PENGARUH INFORMASI KEUANGAN DAN NON KEUANGAN TERHADAP UNDERPRICING HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG MELAKUKAN INITIAL PUBLIC OFFERING (Studi Empiris Perusahaan Go Public yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2015). Nominal Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.21831/nominal.v7i1.19781
Bahrudin, M., & Zuhro, S. (2016). PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN. BISNIS : Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam, 3(1), 1.
https://doi.org/10.21043/bisnis.v3i1.1463
Bastian, J., & Widodo, S. (2022). Pengaruh Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Station Sato Petshop Cibinong Kabupaten Bogor. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIMAWA), 2(1), Article 1. https://doi.org/10.32493/jmw.v2i1.19518
Bastian, J., & Widodo, S. (2022). Pengaruh Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Station Sato Petshop Cibinong Kabupaten Bogor. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIMAWA), 2(1), Article 1. https://doi.org/10.32493/jmw.v2i1.19518
Christalisana, C. (2018). PENGARUH PENGALAMAN DAN KARAKTER SUMBER DAYA MANUSIA KONSULTAN MANAJEMEN KONSTRUKSI TERHADAP KUALITAS PEKERJAAN PADA PROYEK DI KABUPATEN PANDEGLANG. Fondasi : Jurnal Teknik Sipil, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.36055/jft.v7i1.3305
Engkus, E., & Ulfah, N. (2019). ANALISIS KINERJA PEGAWAI BAGIAN PELAYANAN DI PT. POS INDONESIA (PERSERO) KANTOR POS SUBANG. Ministrate: Jurnal Birokrasi dan Pemerintahan Daerah, 1(1), 39–61. https://doi.org/10.15575/jbpd.v1i1.6313
Engkus, E., & Ulfah, N. (2019). ANALISIS KINERJA PEGAWAI BAGIAN PELAYANAN DI PT. POS INDONESIA (PERSERO) KANTOR POS SUBANG. Ministrate: Jurnal Birokrasi dan Pemerintahan Daerah, 1(1), 39–61. https://doi.org/10.15575/jbpd.v1i1.6313
Erwin, E., & Sitinjak, T. J. R. (2017). KONTRIBUSI KUALITAS JASA, KEPERCAYAAN DAN KEPUASAN KONSUMEN DALAM MENCIPTAKAN LOYALITAS KONSUMEN. Business Management Journal, 13(2), Article 2.
https://doi.org/10.30813/bmj.v13i2.916
Fernandes, A. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Alfamart Kayuagung. MOTIVASI, 6(1), 1–10.
Fernandes, A. (2021). PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA ALFAMART KAYUAGUNG. MOTIVASI, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.32502/mti.v6i1.3424
Gultom, D. K., Arif, M., & Fahmi, M. (2020). Determinasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepercayaan. 3.
Gumilang, G., & Putri, I. S. (2020). ANALISIS PENANGANAN KELUHAN PELANGGAN (STUDI KASUS DI KANTOR POS BANDUNG 40000). Pro Mark, 10(2), Article 2.
https://ejurnal.poltekpos.ac.id/index.php/promark/article/view/1020
Handhoko, K. (2018). Pengaruh Kepuasan, Kepercayaan dan Komitmen Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT. Yodya Karya (Persero) Cabang Utama Semarang. 7.
Iskandar, B., Tartilla, R., Lukman, A., Leny, L., & Surboyo, M. D. C. (2022). Uji Aktivitas Anti-aging Mikroemulsi Minyak Nilam (Pogostemon cablin Benth.). Majalah Farmasetika, 7(1), Article 1.
https://doi.org/10.24198/mfarmasetika.v7i1.36464
Lestari, A. B., Musfiana, M., Ruaida, R., & Raihani, R. (2022). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan pada Permasi Textile Gampong Baru Banda Aceh. Jurnal Economica
Didactica, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.17529/jed.v3i2.30275
Nafisatin, L. I., Azhad, M. N., & Setianingsih, W. E. (2018). PENGARUH KUALITAS LAYANAN, KOMITMEN PELANGGAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN. Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.32528/jsmbi.v8i2.1788
Nurcahyo, A., & Solekah, N. A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Penanganan Komplain, Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Pada Koperasi Syariah Murni Amanah Sejahtera Malang). Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 7(4), Article 4. http://dx.doi.org/10.30651/jms.v7i4.13381
Pradana, D., Hudayah, S., & Rahmawati, R. (2018). Pengaruh harga kualitas produk dan citra merek BRAND IMAGE terhadap keputusan pembelian motor. KINERJA, 14(1), 16.
https://doi.org/10.29264/jkin.v14i1.2445
Prasetyo, A., & Wulandari, A. (2023). Pengaruh Kepercayaan terhadap Loyalitas dan Word of Mouth dengan Dimediasi oleh Kepuasan Konsumen Situs Belanja Online. Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal of Business and Management, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.37112/bisman.v6i1.2504
Rifa’i, M., Yati, W., & Susanti, R. A. D. (2020). PENGARUH KOMITMEN DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN MELALUI KEPERCAYAAN DALAM MENGGUNAKAN PRODUK JASA TITIP TOKO ONLINE. Referensi : Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 8(1), 61–72.
Rifa’i, M., Yati, W., & Susanti, R. A. D. (2020b). PENGARUH KOMITMEN DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN MELALUI KEPERCAYAAN DALAM MENGGUNAKAN PRODUK JASA TITIP TOKO ONLINE. Referensi : Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi, 8(1), 61. https://doi.org/10.33366/ref.v8i1.1812
Safrizal, S. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Depot Air Minum Isi Ulang Tirta Tamiang di Kecamatan Tenggulun. Jurnal Manajemen dan Keuangan, 6(2), 808–817. https://doi.org/10.33059/jmk.v6i2.686
Saputri, R. S. D. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Grab Semarang. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 10(1), Article 1.
https://doi.org/10.35814/coverage.v10i1.1232
Siregar, N. (2018). PENGARUH PENCITRAAN, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA RUMAH MAKAN KAMPOENG DELI MEDAN. JUMANT, 8(2), Article 2.
Sulle, Y. (2022). PENGARUH KEPERCAYAAN, KUALITAS PELAYANAN DAN KOMITMEN NASABAH TERHADAP LOYALITAS NASABAH (STUDI KASUS PADA BANK PAPUA CABANG KEPI). Jurnal Ilmu Hukum, Humaniora dan Politik, 2(1), 101–109. https://doi.org/10.38035/jihhp.v2i1.862
Supertini, N. P. S., Telagawati, N. L. W. S., & Yulianthini, N. N. (2020). Pengaruh kepercayaan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada Pusaka Kebaya di Singaraja. Prospek: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.23887/pjmb.v2i1.26201
Syathiri, A., & Adhitama, F. (2022). Peran Bank Pembiayaan Rakyat Syariah dalam Pertumbuhan Ekonomi Regional di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(3), Article 3.
https://doi.org/10.29040/jiei.v8i3.6220
Verasari, M. (2017). PERAN MAWADAH DAN RAHMAH DENGAN IDENTITY ACHIEVEMENT PADA REMAJA AKHIR. 19(1).
Winata, A., & Fiqri, I. A. (2017). PENGARUH HARGA DAN KUALITAS JASA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN HOTEL EMERSIA DI BANDAR LAMPUNG. 03.
23SK2341437.00 | SK EKOS 23.437 SAF p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain