SKRIPSI EKOS
Strategi Pengembangan Bisnis Kuliner Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Pada Usaha Seblak Mami Khairani Pemalang)
Seblak mami khairani merupakan salah satu usaha yang tetap bertahan dan terus mengalami perkembangan di setiap tahunnya, meskipun keadaan ekonomi pada saat itu sedang tidak stabil. Islam menganjurkan dalam melakukan sebuah bisnis atau usaha maka hendaklah beretika. Etika bisnis tidak hanya diartikan dari sudut pandang kegiatan bisnisnya saja, namun dapat dilihat dari seluruh aspek termasuk pada sifat dan etika dari seorang pebisnis tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep strategi pengembangan bisnis yang di terapkan di seblak mami khairani Pemalang dan untuk mengetahui konsep strategi pengembangan bisnis seblak mami khairani dalam perspektif etika bisnis Islam.
Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Data dikumpulkan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif dengan tujuan mendeskripsikan segala sesuatu tentang strategi pengembangan usaha dan etika bisnis Islam di Seblak Mami Khairani. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa strategi pengembangan bisnis pada usaha Seblak Mami Khairani yaitu menggunakan strategi produk, strategi pelayanan, dan strategi promosi. Ditinjau dari etika bisnis Islam, usaha Seblak Mami Khairani telah sesuai dengan prinsip etika bisnis Islam. Pengembangan usaha yang dilakukan oleh Seblak Mami Khairani menggunakan prinsip tauhid, prinsip tanggung jawab, prinsip keseimbangan, prinsip ihsan, dan prinsip kehendak bebas.
Kata Kunci: Bisnis Kuliner, Etika Bisnis Islam, Strategi Pengembangan.
DAFTAR PUSTAKA :
Adiristi, S. P., & Hermawan, Y. (2022). Strategi Bertahan Usaha Kuliner Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cendekiawan Ilmiah PLS, 7(1), 1–7. https://doi.org/10.37058/jpls.v7i1
Agustin, H. (2017). Studi Kelayakan Bisnis Syariah (ke 1). PT Rajagrafindo Persada.
Agustina, S. (2022). Analisis Upaya Pengembangan Toko Kelontong Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Dengan Minimarket Mederen (Studi Kasus Di Desa Wuled Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan). Institut Agama Islam Negeri Pekalongan.
Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behavior. Organizational Behaviour and Human Decision Processes, 50(2), 179–211.
Ajzen, I. (2005). Attitudes, Personality and Behaviour. Open University Press.
Ali, Abbas, & Farid. (2020). Factors Influencing Customers’ Purchase Intention in Social Commerce. International Review of Management and Marketing. 10(5), 63–73.
Amalia, F. A., Sosianika, A., & Suhartanto, D. (2020). Indonesian Millennials’ Halal food purchasing: merely a habit? British Food Journal, 122(4), 1185– 1198. https://doi.org/https://doi.org/10.1108/BFJ-10-2019-0748
Ariyadi. (2018). Business in Islam. Jurnal Hadratul Madaniyah, 5(1), 13–26.
Asrofi, Mohammad Fahrizal; Syaichoni, A. (2022). Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Kuliner Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pada Waroeng Kampung AG One Tulungagung ). 20(1), 105–123.
Athar, G. A. (2020). Analisis Penerapan Etika Bisnis Islam Pada. Wahana Inovasi, 9(1), 124.
Atteng, S. P., Maria, F., Nana, A., Kamila, R., Aliyyatussaadah, I., & Setio, R. (2021). Tren Kuliner Seblak Sebagai Faktor Pendukung Perekonomian Masyarakat di Era Milenial. Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(3), 8–13.
Batoebara, M. U. (2018). Peranan Etika Bisnis Dalam Perusahaan Bisnis. Jurnal Warta Edisi : 57 Juli 2018 | ISSN : 1829-7463.
Choi, J., Lee, A., & Ok, C. (2013). The Effects of Consumers’ Perceived Risk and Benefit on Attitude and Behavioral Intention: A Study Of Street Food. Journal of Travel & Tourism Marketing, 30(3), 222–237.
https://doi.org/https://doi.org/10.1080/10548408.2013.774916
Chua, B. L., Othman, M., Boo, H. C., Abkarim, M. S., & Ramachandran, S. (2010). Servicescape Failure and Recovery Strategy in the Food Service Industry, The Effect on Customer Repatronization. Journal of Quality Assurance in Hospitality and Tourism, 11(3), 179–198. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/1528008X.2010.483419
Darmawati. (2018). Etika Bisnis Dalam Perspektif Islam : Eksplorasi Prinsip Etis Al-Qur’an Dan Sunnah. Jurnal Pemikiran Hukum Islam, 11(1), 58–68.
Dewi, Y. N. S. (2021). Analisis Strategi Pengembangan Usaha Sibat Buah Pedada Desa Penago Baru Kecamatan Ilir Talo Kabupaten Seluma (Issue Juli). Institut Agama Islam Negeri (Iain) Bengkulu.
Ezizwita, E., & Sukma, T. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Bisnis Kuliner Dan Strategi Beradaptasi di Era New Normal. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Dharma Andalas, 23(1), 51–63.
https://doi.org/10.47233/jebd.v23i1.169
Fishbein, & Ajzen. (1975). Belief, Attitude, Intention, and Behavior: An Introduction to Theory and Research. Addison-Wesle.
Ghaz. (2017). Surviving and Thriving in The Food and Beverage Industry. Biz Pulse.
Gunawan, K. (2018). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatan Usaha Para Anggota Baitul Maal Wat Tanwil. Iqtishadia, 10(2), 234. https://doi.org/10.21043/iqtishadia.v10i2.2965
Hamid, A., & Zubair, M. K. (2019). Implementasi Etika Islam Dalam Pemasaran Produk Bank Syariah. BALANCA : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 1(1), 16–34. https://doi.org/10.35905/balanca.v1i1.1037
Hardani, D. (2022). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. In H. Abadi (Ed.), Jurnal Multidisiplin Madani (MUDIMA): Vol. Vol. 1 (Cetakan 1, Issue Maret). CV. Pustaka Ilmu Group Yogyakarta.
Hardian Surya. (n.d.). Wawancara Strategi Seblak Mami Khairani.
Hardian Surya. (2023). Wawancara dengan Owner Seblak Mami Khairani.
Haryanti, N., & Wijaya, T. (2019). Analisis Penerapan Prinsip-Prinsip Etika Bisnis Islam Pada Pedagang Di Pd Pasar Tradisional Pancasila Tasikmalaya. Jurnal Ekonomi Syariah, 4(2), 122–129.
https://doi.org/10.37058/jes.v4i2.1156
Hayati, L. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Syariah Kuliner Waroeng Spesial Sambal Cabang Tuparev Cirebon. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 1(1), 43–50. https://doi.org/10.36418/jist.v1i1.12
Jayanti, D. (2022). Analisis Strategi Pengembangan Kuliner Dalam Perspektif Islam. Jurnal Hukum Dan Ekonomi Islam, 2(1), 125–144.
Jogiyanto. (2007). Sistem Informasi Keperilakuan. Andi.
Karisma, M. (2022). Strategi Pengembangan Bisnis Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Usaha Ternak Ayam Broiler Di Desa Tranggung Kab. Batang). IAIN Pekalongan.
Kuspriyono, T., & Ramadhayanti, A. (2021). Strategi promosi kreatif dan strategi pemasaran inteksin dalam meningkatkan penjualan Creative promotion strategies and intrinsic marketing strategies to increase sales. Akuntabel, 18(3), 551–562.
Laeliyah, S. (2017). Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Kuliner Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pada Usaha Kang Bagong Catering Semarang). Skripsi.
Malik, I. (2020). Strategi Perencanaan Dan Pengembangan Bisnis Dalam Menghadapi Perdagangan Bebas Masyarakat Ekonomi Asean. Negotium: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 3(1), 39.
https://doi.org/10.29103/njiab.v3i1.3051
Martowinangun, K., Sri Lestari, D. J., & Karyadi, K. (2019). Pengaruh Strategi Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan Di Cv. Jaya Perkasa Motor Rancaekek Kabupaten Bandung. Jurnal Co Management, 2(1), 139–152. https://doi.org/10.32670/comanagement.v2i1.162
Maulana, F. (2022). Strategi Pengembangan Usaha Menengah Fajar Bakery Dalam Menarik Minat Beli Konsumen. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan.
Mekarisce, A. A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. JURNAL ILMIAH KESEHATAN MASYARAKAT : Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145–151. https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102
Mislinawati. (2019). Strategi Pengembangan Usaha Penyedia Hewan Qurban Dan Jasa Akikah Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pada Usaha Latansa Ushanas Pekalongan). IAIN Pekalongan.
Mukarromah, L. K. (2022). Strategi Diversifikasi Konsentris Dan Integrasi Ke Belakang Dalam Peningkatan Volume Penjualan Jamur Oleh Umkm Firdaus Mushroom Farm Di Desa Cangkring, Kecamatan Jenggawah, Kabupaten Jember. In Skripsi.
Musyawarah, I. Y., & Idayanti, D. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Ibu Bagas di Kecamatan Mamuju. Forecasting: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 1(1), 1–13.
Mylisa, T. (2022). Analisis Pengembangan Usaha Mikro Pada Pedagang Rumahan Di Kelurahan Bandar Raya Kota Pekanbaru Ditinjau Menurut Ekonomi Syariah. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru.
Pirnadi, R. (2022). Analisis Strategi Pengembangan Usaha Rumah Makan Khas Padang Di Tinjau Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Rumah Makan Surya Di Kota Mukomuko, Kabupaten Mukomuko). Jurnal Skripsi, 2(1), 35–52.
Pratiwi, R. (2018). Strategi Pengembangan Usaha Rengginang Pulut Dengan Metode Analisis Swot ( Studi Kasus Usaha Rengginang Pulut Cv . Uul Jaya Di Desa Kebun Lada Kecamatan Hinai Kabupaten Langkat ). In Skripsi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Uin Sumatera Utara. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
Pratiwi, S. (2021). Analisis Strategi Pengembangan Usaha Kerajinan Tenun Silungkang Kota Sawahlunto Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam. Institut Agama Islam Negeri Batusangkar.
Putra, R. P. H. (2020). Analisis Perumusan Strategi Pengembangan Bisnis pada UMKM Kuliner KRR’S Otentik. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya, 1–18. http://repository.ub.ac.id/187849/
Rahmadania, S. E. (2020). ETIKA BISNIS (BUSINESS ETHIC) PADA PT. TN JAKARTA Silvia. JEMSI (Jurnal Ekonomi Dan Manajemen Sistem Informasi, 1(5), 427. https://doi.org/10.31933/JEMSI
Ramadhany, N. P., Aravik, H., & Choirunnisak, C. (2023). Analisis Penerapan Prinsip Etika Bisnis Islam Terhadap Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Pada Rozza Bakery Palembang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (JIMPA), 3(1), 13–26. https://doi.org/10.36908/jimpa.v3i1.115
Rusdi, M. (2019). Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan pada Perusahaan Genting UD. Berkah Jaya. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 83–88.
https://doi.org/10.21107/jsmb.v6i2.6686
Sanita, S., Kusniawati, A., & Lestari, M. N. (2019). Pengaruh Product Knowledge dan Brand Image Terhadap Purchase Intention (Penelitian pada PT. Bahana Cahaya Sejati Ciamis). Business Management and Entrepreunership Journal, 1(3), 169–184.
Sari, D. N., & Rahmadani, F. (2018). Strategi pengembangan umkm sangkar burung di nagari barulak kecamatan tanjung baru. 137, 150–165.
Sari, D. P. (2021). Strategi Pengembangan Usaha Pada Rumah Makan Muslim Toyam. 0355, 1–64.
Sasnita, A., Musyahidah, S., & Nursyamsu, N. (2020). Pengaruh Etika Bisnis Islam Terhadap Keputusan Pembelian Busana Muslimah Mahasiswi Jurusan Ekonomi Syariah IAIN Palu. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Islam, 1(2), 70–88. https://doi.org/10.24239/jiebi.v1i2.12.70-88
Seni, N. N. A., & Ratnadi, N. M. D. (2017). Theory of Planned Behavior Untuk Memprediksi Niat Berinvestasi. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 12, 4043.
https://doi.org/10.24843/eeb.2017.v06.i12.p01
Shin, Y. H., & Hancer, M. (2016). The Role Of Attitude, Subjective Norm, Perceived Behavioral Control, and Moral Norm In The Intention To Purchase Local Food Products. Journal of Foodservice Business Research, 19(4), 338–351. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/15378020.2016.1181506
Sridewi, N. (2020). Analisis Strategi Pengembangan Usaha Dalam Meningkatkan Pendapatan Pada Rumah Makan Sukma Rasa Labuapi Kabupaten Lombok Barat [Universitas Islam Negeri Mataram].
https://doi.org/10.1016/j.jnc.2020.125798%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.smr.2020.02.002%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/810049%0Ahttp://doi.wiley.com/10.1002/anie.197505391%0Ahttp://www.sciencedirect.com/science/article/pii/B9780857090409500205%0Ahttp:
Stephen, S. (2009). Theory of Planned Behaviour. Cambridge University Press. https://doi.org/https://doi.org/10.1017/CBO9780511543579.049
Sudrajat, A. (2020). Analisism Strategi Pengembangan Bisnis Kuliner dalam Perspektif Etika Islam (Studi Kasus pada Usaha Duta Catering Ibu Djito Batu) (Vol. 2, Issue 1). Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maula Malik Ibrahim Malang.
Sulaiman, A., & Asmawi, A. (2022). Strategi Pengembangan Usaha Dalam Meningkatkan Loyalitas Konsumen Dan Profitabilitas Pada Rich’S Coffe. Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 11(1), 19. https://doi.org/10.35906/equili.v11i1.969
Surya, H. (2023). Wawancara dengan Owner Seblak Mami Khairani.
Syahputra, A. (2019). Etika Berbisnis Dalam Pandangan Islam. AT-TIJARAH: Jurnal Penelitian Keuangan Dan Perbankan Syariah, 1(1), 21–34. https://doi.org/10.52490/at-tijarah.v1i1.707
Tiakoly, K., & Wahab, A. (2019). Penerapan Etika Bisnis Islam Pada Usaha Pedagang Barang Campuran di Pasar Tradisional Gamalama. Jurnal Iqtisaduna, 5(1), 102–123.
Veithzal Rivai, Amiur Nuruddin, F. A. A. (2012). Islamic Business and Economic Ethics (Pertama). PT Bumi Perkasa.
Vicente, P., Marques, C., & Reis, E. (2021). Willingness to Pay for Environmental Quality: The Effects of Pro-Environmental Behavior, Perceived Behavior Control, Environmental Activism, and Educational Level. SAGE Open, 11(4). https://doi.org/https://doi.org/10.1177/21582440211025256
Wati, D., Arif, S., & Devi, A. (2021). Analisis Penerapan Prinsip-Prinsip Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi Jual Beli Online di Humaira Shop. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 3(1), 141–154.
https://doi.org/10.47467/elmal.v3i1.654
Yahya, A. B. (2020). Etika Bisnis (Perilaku) Bisnis Rasullah Muhammad SAW Sebagai Pedoman Berwirausaha. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 5(1), 95–100.
http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Maqasid
Yusfiana, I. (2019). Analisis Pengembangan Produk Simpanan Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Di BMT Maira Pekalongan). Institut Agama Islam Negeri Pekalongan.
Yusuf, R., Hendawati, H., & Wibowo, L. A. (2020). Pengaruh Konten Pemasaran Shoppe Terhadap Pembelian Pelanggan. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan IImu Sosial, 1(2), 506–515.
https://doi.org/10.38035/JMPIS
23SK2341433.00 | SK EKOS 23.433 TRI s | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain