SKRIPSI PBA
Efektivitas penggunaan lembar kerja siswa (LKS) Bahasa Arab dalam meningkatkan maharah qira'ah siswa kelas VII MTs Asy'syafi'iyah Pecangakan Comal Kabupaten Pemalang
Minat siswa dalam membaca teks bahasa Arab di MTs Asy Syafi’iyah Pecangakan Comal Kabupaten Pemalang masih rendah, hanya 40% siswa yang mampu membaca dengan baik dan benar, penguasaan mufrodat yang minim serta kurangnya percaya diri siswa ketika disuruh membaca. Selain itu, dilatar belakangi pendidikan siswa yang berasal dari sekolah umum (SD) atau MI yang akan mempengaruhi siswa dalam membaca dan memahami teks bahasa Arab serta terbatasnya waktu pembelajaran bahasa Arab tiga jam pelajaran dalam seminggu. Hal ini menjadi problem yang dihadapi oleh guru. Untuk memudahkan siswa dalam mengikuti pembelajaran bahasa Arab secara efisien dan efektif, maka MTs
Asy Syafi’iyah Pecangakan Comal Kabupaten Pemalang menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan Mahārah Qirā’ah.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) dalam Meningkatkan Mahārah Qirā’ah Siswa Kelas VII MTs Asy Syafi’iyah Pecangakan Comal Kabupaten Pemalang? (2) Seberapa Efektif Lembar Kerja Siswa (LKS) dalam Meningkatkan Mahārah Qirā’ah Siswa Kelas VII MTs Asy Syafi’iyah Pecangakan Comal Kabupaten Pemalang?
Metode penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field reasearch), adapun teknik yang digunakan non-probability sampling jumlah sampel 27 siswa yang berasal dari kelas VII. Teknik pengumpulan data menggunakan pre test, post test, dokumentasi dan menggunakan beberapa uji yaitu: normalitas, homogenitas, paired sample T-test, uji beda dan uji kesukaran butir soal.
Hasil penelitian menyatakan bahwa Lembar Kerja Siswa (LKS) sebagai sumber pembelajaran siswa kelas VII di MTs Asy Syafi’iyah Pecangakan Comal Kabupaten Pemalang, mampu meningkatkan mahārah qirā’ah (keterampilan membaca) sebesar 52% dan dibuktikan melalui Uji T yang menghasilkan angka Asymp.(2-tailed) p< 0,05. Yang terjadi nilai pre test dan post test mengalami perubahan yang signifikan (berarti). Dapat disimpulkan bahwa H1 dierima karena penggunaan LKS (Lembar Kerja Siswa) bahasa Arab efektif dalam meningkatkan Mahārah Qirā’ah siswa VII MTs Asy Syafi’iyah Comal Kabupaten Pemalang.
23SK2322124.00 | SK PBA 23.124 FAR e | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain