SKRIPSI PBA
Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Berdasarkan High Order Thinking Skill (HOTS) Kelas XI di Madrasah Aliyah Al Mubarok Medono Pekalongan
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya problematika pada Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Al Mubarok Medono Pekalongan. Pendidik yang belum maksimal dalam menggunakan High Order Thinking Skills (HOTS) karena keterbatasan beberapa faktor. Hal ini yang menuntut bagi pendidik untuk bisa mengembangkan evaluasi pembelajaran yang tidak hanya mencakup level C1 = mengetahui, C2 = memahami, C3 = menerapkan, tetapi pendidik juga bisa mengembangkan pada level C4 = menganalisis, C5 = mengevaluasi, C6 = mengkreasi.
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah 1. Bagaimana proses evaluasi pembelajaran bahasa Arab berdasarkan High Order Thinking Skill (HOTS) ? 2. Apa saja faktor pendukung dan penghambat evaluasi pembelajaran bahasa Arab berdasarkan High Order Thinking Skill (HOTS) ? Tujuan Penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui proses dalam menerapkan Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab berdasarkan High Order Thinking Skill (HOTS) dalam meningkatkan kemampuan Evaluasi Pembelajaran di Madrasah Aliyah Al Mubarok Medono Pekalongan 2. Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab berdasarkan High Order Thinking Skill (HOTS) di Madrasah Aliyah Al Mubarok Medono Pekalongan.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Sumber data yang digunakan berasal dari data primer yaitu : Guru. Adapun sumber data sekunder yaitu dari buku-buku dan jurnal yang berkaitan dengan judul penelitian. Peneliti menggunakan teknik analisis data dengan teori analisis yang dikembangkan yaitu berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses evaluasi pembelajaran bahasa Arab kelas XI Madrasah Aliyah Al Mubarok cukup baik dan bermanfaat karena memiliki tujuan untuk meningkatkan pembelajaran bahasa Arab bagi guru dan siswa berdasarkan HOTS. Adapun faktor pendukung dari evaluasi pembelajaran bahasa Arab berdasarkan HOTS yaitu : 1) Kegiatan pendalaman bahasa Arab, 2) Pembendaharaan kosa kata baru. Adapun faktor penghambatnya yaitu : 1) sarana dan pra sarana yang kurang memadai, 2) kurangnya BIMTEK dari pemerintah, 3) kurangnya minat siswa dalam pembelajaran.
23SK2322118.00 | SK PBA 23.118 GUS e | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain