SKRIPSI PBA
Problematika Pembelajaran Maharah Kalam Melalui Aplikasi WhatsApp Di Kelas VIII MTs Negeri 2 Pemalang Tahun Ajaran 2020/2021
Pembelajaran daring (dalam jaringan) merupakan proses pembelajaran yang dilakukan melalui media perantara virtual untuk memudahkan seorang guru dan perserta didik dalam berinteraksi. Akan tetapi, pembelajaran daring tidak selalu efektif dan terkadang menimbulkan problematika yang harus dihadapi. Terlebih pada pembelajaran bahasa Arab Di MTs Negeri 2 Pemalang, tidak semua siswa mengikuti pembelajaran bahasa Arab dengan baik, karena ada beberapa faktor yang menjadi penyebab adanya problematika pembelajaran daring (dalam jaringan). Oleh karena itu, problematika yang terjadi perlu diidentifikasi dan dicari solusinya. Guru perlu mengatasi problematika tersebut agar pembelajaran menggunakan aplikasi WhatsApp bisa lebih efektif.
Rumusan masalah kajian ini terfokus pada, bagaimana problematika pembelajaran Maharah Kalam melalui aplikasi WhatsApp di kelas VIII MTs Negeri 2 Pemalang dan bagaimana upaya yang dilakukan guru bahasa Arab dalam mengatasi problematika pembelajaran Maharah Kalam melalui Aplikasi WhatsApp di MTs Negeri 2 Pemalang Tahun Ajaran 2020/2021. Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru bahasa Arab dan siswa MTs Negeri 2 Pemalang, serta dokumen lain yang relevan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data yang hasil penelitiannya diuraikan dari mulai konsep menjadi suatu kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan, pembelajaran Maharah Kalam melalui aplikasi WhatsApp kurang tepat dilakukan, karena fokus pembelajaran siswa hanya berlangsung dengan membaca teks bahasa Arab saja pada LKS melalui pesan suara (voice note) sehingga siswa tidak dapat memahami materi secara maksimal. Upaya yang dilakukan guru bahasa Arab untuk mengatasi problematika yang terjadi yaitu menciptakan interaksi timbal balik yang aktif antara siswa dan guru, menciptakan pembelajaran yang efektif, mengetahui karakteristik dan kemampuan belajar siswa, serta memberikan latihan – latihan untuk siswa berupa tes Maharah Kalam sesuai kemampuan siswa yang diujinya.
23SK2322117.00 | SK PBA 23.117 HER p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain