SKRIPSI PBA
Penerapan pembelajaran tipe teams games tournament berbantuan ular tangga pada penguasaan mufradat siswa kelas VIII di MTS Ishtifaiyah Nahdliyah Banyurip Kota Pekalongan
Kemampuan memilih model, teknik, dan pendekatan pembelajaran yang ideal saat menyampaikan materi dalam pembelajaran merupakan tugas seorang pendidik, hal ini sebagaimana yang diajarkan di MTS Ishthifaiyah Nahdliyah Banyurip Kota Pekalongan. Pada pembelajaranya menggunakan model pembelajaran tipe teams games tournament berbantuan ular tangga yaitu dengan menggunakan metode, ceramah, kelompok, turnament, dan pemberian tugas yang dikemas menjadi satu dalam pembelajaran tipe teams games tournament berbnatuan ular tangga.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan pembelajaran tipe teams games tournament berbantuan ular tangga pada peserta didik kelas VIII di MTS Ishtifaiyah Nahdliyah Banyurip? 2) Apa saja kelebihan dan kekurangan pembelajaran tipe teams games tournament berbantuan ular tangga pada peserta didik kelas VIII di MTS Ishtifaiyah Nahdliyah Banyurip?
Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian satu orang guru dan siswa kelas VIII D. Objek penelitian penerapan pembelajaran tipe teams games tournament berbantuan ular tangga pada penguasaan mufradāt siswa kelas VIII di MTS Ishtifaiyah Nahdliyah Banyurip. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes data hasil belajar dan dokumentasi. Analisis data melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari rumusan masalah yang pertama adalah pembelajaran tipe teams games tournament berbantuan ular tangga pada penguasaan mufradāt siswa kelas VIII terbagi menjadi tiga tahapan yaitu 1) tahap perencanaan meliputi pembuatan RPP, menyusun materi dan menyiapkan media, 2) tahap pelaksanaan meliputi langkah-langkah penerapan pembelajaran tipe teams games tournament berbantuan ular tangga, 3) tahap akhir meliputi evaluasi dengan menggunakan tes tertulis. Pembelajaran dengan tipe teams games tournament berbantuan ular tangga ini sangat menyenangkan dan mudah dipahami dengan adanya tahap-tahap pembelajaran yang jelas dan menyenangkan.
Adapun hasil dari rumusan masalah yang kedua adalah kelebihan dari model pembelajaran tipe teams games tournament berbantuan ular tangga ini bervariasi serta anak lebih mudah memahami dan menguasai mufradāt, sedangkan untuk kekurangannya adalah durasi waktu pembelajaran yang kurang efektif dikarenakan waktu yang tersedia sangat terbatas dan terdapat beberapa siswa bermain dan mengobrol pada saat pembelajaran.
23SK2322110.00 | SK PBA 23.110 LAI p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain