SKRIPSI PGMI
Peran Orang Tuad Dan Guru Dalam Menumbuhkan Kecerdasan Moral Peserta Didik MSI 14 Medono Kota Pekalongan
Indonesia saat ini banyak sekali kasus dengan berbagai perilaku pada anak yang menunjukkan kualitas moral yang sangat rendah. Oleh karena itu, peran orang tua dalam menumbuhkan kecerdasan moral sangat penting. Peran orang tua diantaranya sebagai pendidik, sebagai motivator, sebagai fasilitator, dan sebagai pembimbing. Selain orang tua, peran guru juga sangat penting dalam menumbuhkan kecerdasan moral supaya kelak peserta didik atau anak menjadi generasi bangsa yang berakhlak dan bermoral. Adapun peran guru diantaranya sebagai pengajar, sebagai pendidik, sebagai pembimbing, sebagai motivator, dan sebagai pelatih. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana peran orang tua dan guru dalam menumbuhkan kecerdasan moral peserta didik kelas III MSI 14 Medono Kota Pekalongan?; 2) Bagaimana problematika dalam menumbuhkan kecerdasan moral peserta didik kelas III MSI 14 Medono Kota Pekalongan?; 3) Bagaimana solusi problematika dalam menumbuhkan kecerdasan moral peserta didik kelas III MSI 14 Medono Kota Pekalongan? Tujuan dalam penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui peran orang tua dan guru dalam menumbuhkan kecerdasan moral peserta didik kelas III MSI 14 Medono Kota Pekalongan; 2) Untuk mengetahui problematika dalam menumbuhkan kecerdasan moral peserta didik kelas III MSI 14 Medono Kota Pekalongan; 3) Untuk mengetahui Solusi problematika dalam menumbuhkan kecerdasan moral peserta didik kelas III MSI 14 Medono Kota Pekalongan. Pendekatan penelitian yang dipilih yaitu penelitian kualitatif deskriptif dan menggunakan jenis penelitian lapangan. Teknik pengambilan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data berasal dari data primer, yaitu wali kelas dan peserta didik, serta data skunder yaitu jurnal, buku, dan bahan bacaan yang berkaitan dengan penelitian. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu: Pertama, peran orang tua dan guru dalam menumbuhkan kecerdasan moral peserta didik kelas III MSI 14 Medono Kota Pekalongan, yaitu peran orang tua sebagai pendidik, orang tua mengajarkan untuk menghormati yang lebih tua dengan cara bersalaman dan mengucapkan permisi. Sebagai motivator, orang tua memberikan dukungan dan semangat agar anak dapat menjalankan hal positif, hal tersebut dapat menumbuhkan kebaikan hati anak dan hati nurani serta anak dapat mengontrol dirinya dengan dukungan tersebut. Sebagai fasilitator orang tua memberikan makanan kepada anak dan mengajarkan anak untuk berbagi kepada teman-temanya dimana hal tersebut dapat menumbuhkan sikap empati kepada anak. Sebagai pembimbing, orang tua membimbing anak agar selalu berbuat baik kepada siapapun tanpa membedakan kemudian minta maaf ketika berbuat salah hal tersebut dapat menumbuhkan sikap tolerasi dan sikap keadilan pada anak. Adapun peran guru, yaitu sebagai pengajar, mengajarkan ilmu pengetahuan serta menerapkan dalam kehidupan sehari-hari sehingga tumbuh kecerdasan moral anak. Sebagai pendidik, menyambut anak-anak datang dan bersalaman. Sebagai pembimbing, membimbing anak agar tidak melakukan hal negatif yaitu memberikan perintah yang tegas kepada anak-anak. Sebagai motivator, guru selalu memberikan dukungan dan dorongan berupa perhatian dan hadiah. Sebagai pelatih, guru melatih anak-anaknya dengan memberikan contoh yang baik. Peran orang tua dan guru sangat penting karena mempengaruhi kecerdasan moral anak. Kecerdasan moral tersebut diantaranya empati, hati nurani, kontrol diri, rasa hormat, kebaikan hati, toleransi, dan keadilan. Kedua, problematika orang tua dan guru dalam menumbuhkan kecerdasan moral peserta didik kelas III MSI 14 Medono Kota Pekalongan yaitu karena adanya lingkungan yang kurang baik yaitu adanya perkataan kasar, pengntrolan emosi yang tidak baik dalam proses tumbuhnya kecerdasan moral. Ketiga, solusi dari problematikan orang tua dan guru dalam menumbuhkan kecerdasan moral peserta didik kelas III MSI 14 Medono Kota Pekalongan yaitu dengan selalu mengawasi anak, memperhatikan anak, dan selalu memberikan bimbingan serta pengarahan agar anak senantiasa selalu melakukan sesuatu yang positif dan terhindar dari lingkungan yang kurang baik. Selain itu, orang tua dan guru mempunyai strategi untuk menumbuhkan kecerdasan moral yaitu dengan cara strory telling. Stroy telling ini adalah membaca cerita yang mengandung pesan-pesan moral.
23SK2323190.00 | SK PGMI 23.190 NIK p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain