SKRIPSI PGMI
Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Si Anak Pintar Karya Tere Liye Dan Relevansinya Terhadap Profil Belajar Pancasila Di Madrasah Ibtidaiyah
Pemerintah di Indonesia melalui Kementrian Nasional sejak tahun 2010 sudah mencanangkan pendidikan karakter. Hal tersebut dikarenakan, dunia pendidikan saat ini dinilai belum berhasil menciptakan karakter bangsa yang memiliki kepribadian mulia. Terdapat kasus-kasus kekerasan dan perundungan (bullying) yang terdapat di satuan pendidikan. Berbagai kebijakan Kemendikbud dalam mewujudkan pendidikan karakter peserta didik diantaranya melalui Profil Pelajar Pancasila. Profil Pelajar Pancasila juga diharapkan mampu membangun kepribadian bangsa. Rumusan masalah ini adalah bagaimana nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Si Anak Pintar karya Tere Liye dan bagaimana relevansi nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Si Anak Pintar karya Tere Liye terhadap Profil Pelajar Pancasila di Madrasah Ibtidaiyah. Dengan tujuan penelitian untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Si Anak Pintar karya Tere Liye dan untuk mengetahui relevansi nilai nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Si Anak Pintar karya Tere Liye terhadap Profil Pelajar Pancasila di Madrasah Ibtidaiyah. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang menekankan pada jenis penelitian studi pustaka (library research) artinya telaah yang dilaksanakan untuk memecahkan suatu masalah yang pada dasarnya bertumpu pada penelaahan kritis dan mendalam terhadap bahan-bahan pustaka yang relevan. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil bahwa nilai pendidikan yang terkandung dalam novel “Si Anak Pintar” karya Tere Liye, antara lain: bersyukur,belajar mengaji, jujur, berdo’a, sholat, demokratis, toleransi, peduli sosial, cinta tanah air, peduli lingkungan, disiplin, tanggung jawab, mandiri, kerja keras, kritis dan kreatif. Nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel tersebut memiliki relevansi nilai yang terdapat dalam profil pelajar pancasila (baik dalam tingkahlaku keseharian, perkataan, dan karakter bawaan tokoh). Banyak nilai yang dapat kita petik di dalamnya seperti beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis dan kreatif
23SK2323187.00 | SK PGMI 23.187 EMM n | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain