SKRIPSI PGMI
Penerapan Model Pembelajaran Active Learning Tipe Card Sort Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Tentang Materi Perubahan Wujud Benda Pada Siswa Kelas V MI Wahid Hasyim Warungasem Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang
Berdasarkan hasil pengamatan yang telah dilakukan di kelas V MI Wahid Hasyim Warungasem pada mata pelajaran IPA masih menggunakan metode ceramah, padahal pelajaran IPA perlu adanya pemahaman dan penalaran materi. Kemudian tidak antusiasnya siswa pada mata pelajaran IPA, siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Padahal pembelajaran aktif diperlukan siswa dapat mencapai hasil belajar. Jika siswa pasif, siswa cenderung mudah lupa. Pembelajaran aktif yaitu model pembelajaran yang menggabungkan informasi yang baru diterima dan menyimpannya ke otak. Penelitian awal di pra siklus sebanyak 18 siswa 10 diantaranya sudah mencapai KKM, 8 siswa belum mencapai KKM. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana hasil belajar mata pelajaran IPA tentang materi perubahan wujud benda pada kondisi pra siklus di MI Wahid Hasyim Warungasem Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang? apakah penerapan model pembelajaran active learning tipe card sort dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA pada materi perubahan wujud benda pada siswa kelas V MI Wahid Hasyim Warungasem Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang? Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), sedangkan pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah obsevasi, tes, dan dokumentasi. Subjek penelitiannya adalah kelas V MI Wahid Hasyim Warungasem Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang. Hasil penelitian yang dilakukan adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi perubahan wujud benda sebelum menggunakan model pembelajaran active learning tipe card sort mempunyai rata-rata kelas 60,0. Sedangkan pada siklus I rata-ratanya sebesar 67,7. Jadi, hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi perubahan wujud benda dengan menggunakan model pembelajaran active learning tipe card sort rata-rata kelasnya meningkat sebesar 7,7 dari sebelum menggunakan model pembelajaran active learning tipe card sort. Sedangkan pada siklus II rata-ratanya sebesar 80,5. Jadi, hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi perubahan wujud benda dengan menggunakan model pembelajaran active learning tipe card sort rata-rata kelasnya meningkat sebesar 12,8 dari siklus I
23SK2323185.00 | SK PGMI 23.185 TRI p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain