SKRIPSI PGMI
Studi Perbandingan Hasil Belajar Siswa SD Dengan MI Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan
Latar belakang yang mendasari penelitian ini adalah adanya perbedaan anggapan masyarakat tentang SD dan MI baik dari segi prestasi maupun pembelajaran yang dilaksanakan oleh masing-masing lembaga baik SD maupun MI. Permasalahan tersebut salah satunya dapat dilihat dari perbedaan hasil belajar antara siswa SD dengan MI. Oleh karena itu, perlu adanya penelitian lebih lanjut untuk mengukur sejauh mana letak perbedaan antara siswa SD dengan MI. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil belajar Matematika pada siswa SD di Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan, bagaimana hasil belajar Matematika pada siswa MI di Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan, dan apakah terdapat perbedaan hasil belajar Matematika pada siswa SD dengan MI di Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Dari rumusan masalah tersebut maka dapat diambil tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar Matematika siswa SD di Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan, untuk mengetahui hasil belajar Matematika siswa MI di Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan, dan untuk mendeskripsikan perbedaan hasil belajar Matematika siswa SD dengan MI di Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini berguna sebagai referensi bahwa proses pembelajaran yang berlangsung dapat mempengaruhi hasil dari belajar itu pula. Metode penelitian yang digunakan adalah metode komparatif dengan jenis pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa SD dan MI di Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan yang terdiri dari 34 SD dengan rincian 25 negeri dan 9 swasta. Sedangkan untuk jumlah MI di Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan yaitu 22 MI dengan rincian 1 negeri dan 21 swasta. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Penelitian ini yang menjadi sampel adalah siswa kelas IV dari SD Negeri 06 Kedungwuni dan MIN Pekalongan yang masing-masing berjumlah 30 siswa. metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Uji-t dengan bantuan aplikasi SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa SD dengan MI. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan uji independent t-test diperoleh adanya perbedaan yang signifikan yaitu nilai thitung = 3,461 > t = 2,003. tabel
23SK2323183.00 | SK PGMI 23.183 REF s | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain