SKRIPSI PGMI
Analisis Materi IPA Pada Buku Siswa Kelas IV Tema Indahnya Kebersamaan Berdasarkan HOTS (Higher Order Thinking Skills)
Pembelajaran di SD/MI saat ini sangat diarahkan pada pengembangan kemampuan berfikir tingkat tinggi atau yang lebih dikenal HOTS (Higher Order Thinking Skill) bukan lagi LOTS (Lower Order Thinking Skills). Kemampuan berfikir tingkat tinggi peserta didik diharapkan tidak hanya sekedar mengetahui materi saja, tetapi juga dapat menganalisis serta menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan materi yang dipahaminya. HOTS (Higher Order Thinking Skills)1 dapat dipahami sebagai kemampuan berfikir secara mendalam untuk mencapai sebuah masalah serta dapat menyimpulkan suatu objek atau persoalan sekaligus mengatur dan menentukan strategi dalam penyelesaian masalah. Adanya konten hots di soal peserta didik menjadikan acuan untuk menarik kesimpulan, melakukan evaluasi dan membuat serta mengadu argumentasi. Berdasarkan latar belakang diatas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana perbandingan jumlah konten yang memuat HOTS dan LOTS pada materi IPA kelas IV tema indahnya kebersamaan. 2) bagaimana ragam level kognitif yang terdapat dalam konten HOTS pada materi ipa kelas IV tema indahnya kebersamaan? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui berapa jumlah konten yang memuat HOTS dan LOTS dalam materi ipa kelas IV tema indahnya kebersaman. 2) untuk mendeskripsikan ragam level kognitif yang terdapat dalam konten HOTS pada materi IPA kelas IV tema indahnya kebersamaan. Jenis penelitian ini menggunakan literatur pustaka tetapi penulisannya menggunakan metode kualitatif. Model penelitian kualitatif adalah metode yang sering digunakan oleh peneliti dalam mendeskripsikan suatu gagasan atau fenomena tertentu. Selanjutnya untuk metode pengumpulan data ini menggunakan observasi, rubric dan grafik. 1. Untuk data yang diperoleh dibagi menjadi dua yaitu data primer dan data sekunder. Selanjutnya untuk metode pengumpulan data ini menggunakan rubric yang kemudian disajikan dengan bentuk grafik. Pada materi IPA kelas IV tema "Indahnya Kebersamaan" jumlah perbandingan konten yang memuat HOTS lebih besar daripada konten yang bermuatan LOTS. Hal ini dibuktikan dengan hasil presentase data pada sub tema 1 konten yang bermuatan HOTS sebesar 33%, LOTS sebesar 67%. Sub tema 2 konten yang bermuatan HOTS sebesar 71%, LOTS sebesar 29%. Sub tema 3 konten yang bermuatan HOTS sebesar 50%, LOTS sebesar 50%. Hal ini menunjukkan bahwa materi tersebut telah sesuai dengan kriteria bahan ajar yang baik karena telah menyajikan konten bermuatan HOTS dengan persentase lebih. Ragam level kognitif yang terdapat dalam konten keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) tersebar secara merata dalam setiap subtema pada tema 1 Indahnya Kebersamaan dalam materi IPA Kelas IV revisi tahun 2017. Hal ini dibuktikan dengan jumlah keseluruhan muatan konten HOTS yang menggunakan tahapan berpikir (C-4) sebesar 29%, tahapan berpikir (C-5) sebesar 29% dan tahapan berpikir (C-6) sebesar 50%
23SK2323180.00 | SK PGMI 23.180 DIT a | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain