SKRIPSI PGMI
Implementasi Pendidikan Pancasila Dalam Perspektif Kurikulum Merdeka Di MI YMI Wonopringgo 02 Kabupaten Pekalongan
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh problematika siswa yang mulai luntur akan pengetahuan dan pengamalan Pancasilanya, seperti masih banyak dari mereka yang tidak hafal sila pancasila, mulai lunturnya rasa persatuan dan kesatuan, berkurangnya sikap cinta tanah air, dan terjadinya degradasi moral pada peserta didik. Hal ini menjadi problematika dalam pembentukan peserta didik yang memiliki jiwa pancasilais. Oleh karena itu, implementasi pendidikan Pancasila sangat penting dalam dunia pendidikan, guna untuk membentuk karakter siswa yang berjiwa pancasilais. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah: Bagaimana faktor pendukung dan penghambat implementasi pendidikan pancasila dalam perspektif kurikulum merdeka di MI YMI Wonopringgo 02 Kabupaten Pekalongan. Dengan tujuan penelitian untuk menganalisis faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam implementasi pendidikan Pancasila di MI YMI Wonopringgo 02 Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis datanya berupa penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini yang menjadi subyek penelitian adalah kepala Madrasah MI YMI Wonopringgo 02, dan guru/pendidik MI YMI Wonopringgo 02 Kabupaten Pekalongan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam implementasi pendidikan Pancasila dalam perspektif kurikulum merdeka di MI YMI Wonopringgo 02, terbagi menjadi tiga tahapan yakni: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Faktor pendukung implementasi pendidikan Pancasila di MI YMI Wonopringgo 02, datang dari dukungan kepala madrasah, ketua yayasan, guru/pendidik, sarana dan prasarana, serta program-program sekolah yang menunjang penerapan nilai-nilai Pancasila. Faktor penghambat Implementasi pendidikan Pancasila di MI YMI Wonopringgo 02 datang dari lingkungan keluarga peserta didik yang terkadang kurang dalam memahami nilai-nilai pendidikan pancasila, jadi siswa mudah terpengaruh dari faktor tersebut
23SK2323175.00 | SK PGMI 23.175 PRA i | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain