TESIS PGMI
Peran Guru dalam Membentuk Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil’alamin Berbasis Kearifan Lokal di MI Islamiyah Yosorejo 01 Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembentukan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil’alamin berbasis kearifan lokal yang dilaksanakan di MI Islamiyah Yosorejo 01 Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang; menganalisis peran guru dalam pembentukan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil'alamin berbasis kearifan lokal yang dilaksanakan di MI Islamiyah Yosorejo 01 Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang; menganalisis dampak internalisasi nilai-nilai kearifan lokal di Kecamatan Gringsing dalam mendukung pembentukan profil pelajar Pancasila Rahmatan Lil’alamin Kabupaten Batang.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis fenomologi. Subyek penelitian adalah di MI Islamiyah Yosorejo 01 Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawacara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman dan Saldana yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data, dan
verifikasi data, uji keabsahan data menggunakan trianggulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pembentukan Profil Pelajar Pancasila berbasis kearifan lokal yang dilaksanakan di MI Islamiyah Yosorejo 01 Kecamatan Gringsing dilakukan melalui identifikasi nilai-nilai kearifan lokal, bentuk pendidikan Pancasila di sekolah, pengenalan kearifan lokal, integrasi nilai- nilai Pancasila dan kearifan lokal dalam kurikulum dan melalui kegiatan ekstrakurikuler dan proyek kolaboratif; 2) peran guru dalam mendukung pembentukan Profil Pelajar Pancasila berbasis kearifan lokal di MI Islamiyah Yosorejo 01 Kecamatan Gringsing diantaranya dalam penerapan metode pembelajaran yang kreatif dan interaktif untuk membantu siswa memahami makna dan relevansi nilai-nilai Pancasila berbasis kearifan lokal, mengenalkan siswa kepada kearifan lokal Jawa Tengah, menjadi teladan siswa dalam menerapkan nilai- nilai Pancasila dan kearifan lokal, mengorganisir kegiatan ekstrakurikuler atau proyek kolaboratif; 3) dampak internalisasi nilai-nilai kearifan lokal di Kecamatan Gringsing dalam mendukung pembentukan profil pelajar Pancasila Rahmatan Lil’alamin Kabupaten Batang diantaranya sebagai berikut: (a) pemahaman yang mendalam tentang nilai-nilai lokal; (b) siswa mampu menghargai Keanekaragaman Budaya; (c) penguatan identitas dan jati diri siswa; (d) peningkatan keterampilan sosial; (e) peningkatan rasa tanggung jawab dan kepedulian terhadap lingkungan; serta (f) penguatan nilai-nilai Pancasila.
23TS2353024.00 | TS P.PGMI 23.024 KHA p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain