TESIS PGMI
Efektivitas Media Pembelajaran Mufradat Bahasa Arab Berbasis Mystery Card untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa Kelas III di MIS Simbang Kulon 02
Banyaknya anggapan para siswa terhadap mata pelajaran bahasa Arab (Mufradāt) yang sulit dipelajari masih terus bergulir. Dari anggapan tersebut menyebabkan menurunnya kemampuan literasi bahasa siswa yang belum mencapai target atau KKM. MIS Simbang Kulon 02 merupakan salah satu sekolah yang siswanya mengalami hal yang sama diantaranya siswa kelas III. Dari permasalahan tersebut disimpulkan bahwa perlu adanya sesuatu atau alat bantu belajar dalam mengatasi hal tersebut. Digunakannya media pembelajaran mufradāt bahasa Arab berupa media flash card. Dari hal itu, peneliti mencoba memodifikasi media yang sudah ada yaitu digunakannya media mystery card dengan harapan keterampilan yang belum tercapai dapat teratasi dengan baik.
Rumusan Masalah penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan media pembelajaran mufradāt bahasa Arab berbasis mystery card untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa Kelas III di MIS Simbang Kulon 02? (2) Bagaimana respon siswa terhadap penerapan media pembelajaran mufradāt bahasa Arab berbasis mystery card untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa kelas III di MIS Simbang Kulon 02? (3) Bagaimana efektivitas media pembelajaran mufradāt bahasa Arab berbasis mystery card untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa kelas IIIdi MIS Simbang Kulon 02? Adapun tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk menganalisis penerapan media pembelajaran mufradāt bahasa Arab berbasis mystery card untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa Kelas III di MIS Simbang Kulon 02, (2) untuk menganalisis respon siswa terhadap penerapan media pembelajaran mufradāt bahasa Arab berbasis mystery card untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa kelas III di MIS Simbang Kulon 02, dan (3) untuk menguji efektivitas media pembelajaran mufradāt bahasa Arab berbasis mystery card untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa kelas IIIdi MIS Simbang Kulon 02.
Jenis pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan desain Pre-test post-test. Untuk pengumpulan data melalui : Angket (Kuesioner), Lembar tes, dan dokumentasi. Adapun analisis datanya menggunakan dua jalur yait u Uji Prasyarat (Uji Normalitas dan uji homogenitas), dan uji Hipotesis (Uji Independen sample t-test.
Penelitian ini menghasilkan 1. Penerapan media mystery card dalam proses pembelajaran mufradāt bahasa Arab panda siswa kelas III di MIS Simbang Kulon melalui beberapa tahapan : Tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap evaluasi. 2. Respon siswa memberikan anggapan yang positif berdasarkan hasil angket dari 10 pernyataan yang menyatakan valid. 3. Penggunaan media mystery card dalam pembelajaran mufradāt bahasa Arab mendapatkan hasil bahwa skor post-test kelas eksperimen lebih tinggi dari skor post-test kelas control (0,000 < 0,005). Dengan demikian H_0 ditolak dan H_1 diterima. Dengan kata lain, bahwa diterapkannya media pembelajaran mufradāt bahasa Arab berbasis mystery card efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa kelas III di MIS Simbang Kulon 02.
23TS2353020.00 | TS P.PGMI 23.020 NUR e | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain