TESIS PGMI
Analisis Kualitas Butir Soal Penilaian Akhir Sekolah Dengan Pendekatan Klasik Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V di MI Se-Kecamatan Gringsing
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas butir soal penilaian akhir sekolah dengan pendekatan klasik pada Mata Pelajaran IPA Kelas V di MI Se-Kecamatan Gringsing. Kualitas butir soal merupakan komponen terpenting dalam pembelajaran, karena dengan kulaitas soal yang baik dapat memotret keberhasilan pembelajaran yang dilaksanakan. Penilaian yang baik menjadi akurasi data dalam memberikan informasi yang bermanfaat untuk perbaikan pembelajaran dan perkembangan siswa secara holistik. Perbaikan dalam penyusunan butir soal diperlukan, untuk tindakan penilaian akhir Madrasah pada mata pelajaran IPA kelas V Madrasah Ibtidaiyah. Tindakan yang dapat diambil adalah melakukan review butir soal yang memiliki kelemahan, menyederhanakan bahasa dan merumuskan pertanyaan dengan lebih jelas, serta mengembangkan bank soal yang lebih beragam. Selain itu, juga perlu mempertimbangkan penggunaan pendekatan penilaian yang lebih komprehensif untuk mengukur berbagai aspek kemampuan siswa.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan diskriptif kualitatif dengan studi kasus di MI Se-Kecamatan Gringsing pada Mata Pelajaran IPA Kelas V. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Observasi di lingkungan sekolah untuk mengamati dokumen soal PAS yang tersimpan di sekolah, melakukan wawancara dengan guru, siswa, orang tua, dan pihak terkait lainnya untuk memperoleh persepsi mereka tentang implementasi kemitraan, menganalisis dokumen terkait Kualitas Butir Soal Penilaian Akhir Sekolah Dengan Pendekatan Klasik Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V di MI Se- Kecamatan Gringsing. Data di analisis dengan Teknik Kondensasi data, Display data dan penarikan data.
Hasil penelitian disajikan kualitatif, dan mencerminkan pendekatan inovatif menggunakan pendekatan klasik. Novelitas utama penelitian ini terletak pada kombinasi dua elemen, yaitu analisis kualitas butir soal dan penggunaan pendekatan klasik. Pendekatan klasik mengacu pada penggunaan teknik-teknik statistik klasik, dengan Classical Test Theory (CTT) atau pengujian asumsi-asumsi penting dalam pengembangan butir soal. Ini memberikan potret dan rekomendasi bagi sekolah dan pihak terkait untuk meningkatkan kualitas penyususnan butir soal Penilaian Akhir Sekolah pada Mata Pelajaran IPA Kelas V yang lebih berkualitas.
23TS2353015.00 | TS P.PGMI 23.015 SUG a | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain