TESIS EKOS
Peningkatan Acceptance Adoption Mobile Banking Syariah melalui Kepercayaan, Resiko, dan Usefulness dengan Adoption Intention sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus BSI Mobile pada PT Bank Syariah Indonesia (Persero) Tbk)
Kasus yang melatarbelakangi penelitian ini adalah dikarenakan terdapat perkembangan teknologi informasi khususnya di dunia perbankan dalam menghadapi persaingan lembaga keuangan tumbuh sangat cepat sehingga pertumbuhan ini membuat lembaga keuangan syariah harus berinovasi agar tidak kalah saing dengan lembaga keuangan yang lainnya dengan menciptakan produk mobile banking yang memberikan manfaat dan kegunaan bagi nasabah serta maraknya terjadi pencurian data dan pembajakan oleh hackers membuat mobile banking tidak terlepas dari resiko yang ada seperti yang terjadi di awal bulan mei 2023 sistem BSI mobile tidak bisa digunakan oleh nasabah akibat serangan hackers hal ini yang akan membuat rasa percaya terhadap bank dan mobile banking menjadi menurun
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kepercayaan, resiko dan usefulness, adoption intention berpengaruh terhadap adoption mobile banking, serta mengetahui apakah adoption intention mampu memoderasi (memperkuat/ memperlemah) pengaruh kepercayaan, resiko dan usefulness terhadap variabel adoption mobile banking. Model penelitian ini menggunakan Technology acceptance model (TAM) dengan variabel asli usefulness dan variabel eksternal kepercayaan dan resiko dengan adoption intention sebagai variabel moderasi. Adapun Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan probability sampling, dimana pengambilan sampel yang memberikan peluang yang sama bagi setiap unsur (anggota) populasi untuk dipilih menjadi anggota sampel yaitu sebanyak 180 nasabah dengan syarat sudah menjadi nasabah PT Bank Syariah Indonesia (Persero) Tbk, memiliki dan menggunakan aplikasi BSI mobile banking. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diberikan kepada responden yang telah memenuhi syarat sebagai sampel penelitian dengan metode yang digunakan yaitu SEM (Structural Equation Modeling) dengan alat analisis SmartPLS 4.0. Adapun tahapan dalam analisis data meliputi Uji Outer Model (uji validitas konvergen, uji validitas diskriminan, dan uji reliabilitas) Evaluasi Model Struktural (R-Square, Q- Square, GoF dan SRMR), dan Uji Inner Model.
Berdasarkan hasil pengolahan data, variabel Kepercayaan, Resiko dan Usefulness mobile banking berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap adoption mobile banking, Peran adoption intention sebagai variabel moderasi ternyata mampu memoderasi (memperkuat) pengaruh dari Kepercayaan terhadap adoption mobile banking, sedangkan pada pengaruh resiko dan usefulness terhadap adoption mobile banking peran adoption intention tidak mampu memoderasi.
23TS2354017.00 | TS P.EKOS 23.017 LUK p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain