TESIS PAI
Pendidikan Akhlak Siswa Melalui Bina Pribadi Islami (BPI) di SD IT Alam Bina Insani Randudongkal Pemalang
Pendidikan akhlak merupakan pembentukan nilai-nilai kehidupan yang mencerminkan tumbuh kembang beragama yang terdiri dari tiga unsur pokok yaitu aqidah, ibadah, dan akhlak yang menjadi pedoman perilaku sesuai dengan aturan-aturan perilaku. Pentingnya pendidikan karakter religius tidak hanya menyangkut ibadah dalam agamanya semata, tetapi juga toleran terhadap agama lain. Rumusan Masalah yang diajukan dalam penelitian ini yaitu: bagaimana perencanaan pendidikan karakter raligius siswa melalui Bina Pribadi Islami (BPI) di SD IT Alam Bina Insani Randudongkal Pemalang, bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter raligius siswa melalui Bina Pribadi Islami (BPI) di SD IT Alam Bina Insani Randudongkal Pemalang dan bagaimana evaluasi pendidikan karakter raligius siswa melalui Bina Pribadi Islami (BPI) di SD IT Alam Bina Insani Randudongkal Pemalang.
Tujuan dan kegunaan penelitian ini adalah untuk menganalisis perencanaan pendidikan karakter raligius siswa melalui Bina Pribadi Islami (BPI) di SD IT Alam Bina Insani Randudongkal Pemalang, perencanaan pendidikan karakter raligius siswa melalui Bina Pribadi Islami (BPI) di SD IT Alam Bina Insani Randudongkal Pemalang, pelaksanaan pendidikan karakter raligius siswa melalui Bina Pribadi Islami (BPI) di SD IT Alam Bina Insani Randudongkal Pemalang dan evaluasi pendidikan karakter raligius siswa melalui Bina Pribadi Islami (BPI) di SD IT Alam Bina Insani Randudongkal Pemalang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, jenis penelitian studi kasus, pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Triangulasi yang digunakan yaitu sumber, teknik, dan analisis data. Metode analisisnya menggunakan analisis kualitatif model Miles dan Huberman yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ditemukan bahwa perencanaan pendidikan karakter raligius siswa melalui Bina Pribadi Islami (BPI) di SD IT Alam Bina Insani Randudongkal Pemalang meliputi penentuan tujuan, menentapkan kegiatan-kegiatan, menentapkan sumber daya terbaik sesuai ahlinya, melakukan aktivitas yang konsisten sesuai tujuan, memonitor barbagai keberhasilan. pelaksanaan pendidikan karakter raligius siswa melalui Bina Pribadi Islami (BPI) di SD IT Alam Bina Insani Randudongkal Pemalang yaitu pendidikan karakter religius terkait dengan tuhan, pendidikan karakter religius terkait dengan sesama dan pendidikan karakter religius terkait dengan lingkungan. Kemudian dalam evaluasi pendidikan karakter raligius siswa melalui Bina Pribadi Islami (BPI) di SD IT Alam Bina Insani Randudongkal Pemalang yaitu: evaluasi perolehan program kerja, evaluasi pengelolaan sumber daya pendidikan dan evaluasi hambatan dari program.
23TS2352111.00 | TS P.PAI 23.111 SOD p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain