TESIS PAI
Peran Guru Aqidah Akhlak dalam Membentuk Karakter Sopan Santun Siswa SMK Ma'arif NU Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan
Latar belakang penulisan Tesis ini adalah Guru Akidah Akhlak memiliki peranan yang sangat kuat terhadap karakter sopan santun siswa. Guru harus bertindak sebagaimana tugas dan kedudukannya sebagai seorang guru, agar siswa memiliki akhlak yang mulia, memberikan pengarahan agar siswa melaksanakan kebaikan dan menghindari yang keburukan, juga menanamkan karakter sopan santun sampai kapanpun. Dalam proses pembelajaran, guru aqidah akhlak mengutamakan karakter atau akhlak siswa sebagai tujuan pembelajaran. Dalam hal ini SMK Ma’arif NU Doro menekankan pada pembentukan karakter sopan santun. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana karakter sopan santun siswa di SMK Ma’arif NU Doro Pekalongan?, Bagaimana peran guru Aqidah Akhlak dalam membentuk karakter sopan santun siswa di SMK Ma’arif NU Doro Pekalongan? Apa saja faktor yang mendukung dan menghambat peran guru Aqidah Akhlak dalam membentuk karakter sopan santun siswa di SMK Ma’arif NU Doro Pekalongan?
Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk menganalisis karakter siswa di SMK Ma’arif NU Doro Pekalongan, Untuk menganalisisperan guru Aqidah Akhlak dalam membentuk karakter sopan santun siswa di SMK Ma’arif NU Doro Pekalongan dan Untuk menganalisis faktor yang mendukung dan menghambat peran guru Aqidah Akhlak dalam membentuk karakter sopan santunsiswa di SMK Ma’arif NU Doro Pekalongan.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Valididas dan reabilitas data menggunakan teknik triangulasi.
Hasil penelitian ini adalah 1) Karakter sopan santun siswa di SMK Ma’arif NU Doro Pekalongan terdiri dari tiga macam karakter sopan santun, yaitu sopan santun dalam bahasa, sopan santun berperilaku dan sopan santun berpakaian. Ketiga macam karakter sopan santun tersebut ada dalam diri para siswa di SMK Ma’arif NU Doro Pekalongan. 2) Peran guru akidah akhlak dalam membentuk karakter sopan santun siswa di SMK Ma’arif NU Doro Pekalongan guru akidah akhlak sangat berperan aktif. 3) Faktor yang mendukung peran guru akidah akhlak dalam membentuk karakter sopan santun siswa itu sendiri adalah keteladanan dari guru tersebut dan kemanfaatan teknologi Disamping ada faktor pendukung juga tentunya ada faktor penghambatnya juga, diantaranya yaitu dari diri individu itu sendiri yaitu siswa, lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat.
23TS2352108.00 | TS P.PAI 23.108 M.TA p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain