TESIS PAI
Strategi Pendidikan Karakter Religius Melalui Tadarus Al-Qur
Strategi pendidikan karakter religius adalah merupakan hal yang harus diadakan dan dikembangkan dalam dunia pendidikan Indonesia secara keseluruhan, terlebih kegiatan tadarus al-Qur’an. Kegiatan tersebut banyak dilaksanakan di lembaga-lembaga pendidikan tidak ketinggalan di MTs Tholabuddin Masin, namun terkadang dalam praktinya masih banyak tantangan dan hambatan. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengungkap bagaimana Strategi Pendidikan karakter religius melalui Tadarus al-Qur’an di MTs Tholabudddin Masin Warungasem Batang.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Pendidikan karakter religius melalui tadarus al-Qur’an di MTs Tholabuddin Masin ? 2) Bagaimana strategi Pendidikan karakter religius melalui tadarus al-Qur’an di MTs Tholabudddin Masin ? 3) Bagaimana factor pendukung dan penghambat strategi Pendidikan karakter religius melalui tadarus al-Qur’an di MTs Tholabudddin Masin
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian tesis ini yaitu:1) Menganalisis pendidikan karakter religius melalui tadarus al-Qur’an di MTs Tholabuddin Masin Warungasem Batang 2) Menganalisis strategi Pendidikan karakter religius di MTs Tholabuddin Masin Warungasem Batang 3) Menganalisis factor pendukung dan penghambat pendidikan karakter religius melalui tadarus al-Qur’an di MTs Tholabuddin Masin Warungasem Batang.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi dan, wawancara. Analisis data dilakukan dengan 4 tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data,1penyajian data, dan penarikan1kesimpulan. Teknik penentuan informan pada penelitian ini menggunakan purposive sampling, yaitu kepala sekolah, perwakilan guru , serta perwakilan siswa .
Hasil penelitian yang pertama; pendidkaan karakter religius melalui tadarus al-Quran sangat penting untuk diterapkan di MTs Tholabuddin Masin , kedua: strategi Pendidikan karakter dari tadarus al-Quran adalah kedisiplinan, religius, jujur, gemar membaca dan tanggung jawab. Ketiga : Faktor-faktor pendukung kegiatan tadarus fasilitas, pengawasan dari tenaga pendidik, pemanfatan waktu yang maksimal Adapun factor penghambatnya adalah kurang maksimal dalam pemanfatan waktu, dan kurangnya pengawasan.
23TS2352104.00 | TS P.PAI 23.104 MOH s | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain