TESIS PAI
Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PABP Kelas VIII SMP Negeri 7 Pemalang
Gambaran awal penelitian ini berangkat dari potensi siswa yang memiliki ketertarikan dengan media pembelajaran yang berbasis audio visual. Ketertarikan inilah yang mendorong untuk dilakukan penelitian dengan tujuan mengukur apakah terjadi pengaruh antara penggunaan media audio visual dan motivasi belajar terhadap hasil belajar.
Penelitian ini juga bertujuan untuk mengukur seberapa besar pengaruh yang terjadi antara variabel-variabel tersebut. Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini ada empat, yaitu pertama apakah terdapat pengaruh antara penggunaan media audio visual dengan hasil belajar? Kedua apakah terdapat pengaruh antara motivasi belajar siswa dengan hasil belajar? Ketiga apakah ada pengaruh antara penggunaan media audio visual dan motivasi terhadap hasil belajar siswa? Keempat berapa besar tingkat pengaruh penggunaan media audio visual dan motivasi terhadap hasil belajar siswa?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif, dengan jenis penelitian yaitu penelitian lapangan. Data primer yang digunakan adalah berupa hasil angket dan hasil penilaian formatif siswa, data observasi sebelum penelitian, data wawancara dengan guru mapel, untuk data sekunder yang digunakan berupa profil sekolah, jumlah dan data siswa, serta data guru dan karyawan. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teori Slovin dari 266 populasi, diambil 158 siswa untuk dijadikan sampel. Teknik analisis yang digunakan dengan teknik analisis statistik parametris, yaitu dengan analisis regresi linier berganda dengan uji F dan Uji T, serta untuk mengukur tingkat pengaruh menggunakan analisis koefisien regresi. Hasil penelitian ini menjawab hipotesis awal, yaitu Penggunaan Media Audio Visual (X1), memiliki pengaruh terhadap variabel hasil belajar (Y) dengan nilai 0,209. Hal tersebut dapat diartikan bahwa setiap peningkatan Penggunaan Media Audio Visual (X1) sebesar satu satuan maka akan menyebabkan kenaikan Hasil Belajar (Y) sebesar 0,209 atau 20,9% dengan asumsi variabel lain konstan. Koefisien regresi Motivasi Belajar (X2) sebesar 0,149 dan menunjukan arah positif terhadap Hasil Belajar (Y). Hal tersebut dapat diartikan bahwa setiap peningkatan Motivasi Belajar (X2) sebesar satu satuan maka akan menyebabkan kenaikan Hasil Belajar (Y) sebesar 0,149 atau 14,9% dengan asumsi variabel lain konstan. Hasil koefisien determinan menunjukkan pengaruh Variabel Penggunaan Media Audio Visual (X1) dan Motivasi Belajar (X2) terhadap Variabel Hasil Belajar (Y) adalah 19,5% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Dengan demikian penelitian ini menghasilkan kesimpulan menerima seluruh hipotesis alternatif Ha, dan menolak hipotesis awal Ho.
23TS2352101.00 | TS P.PAI 23.101 ASI p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain