TESIS PAI
Pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif dan motifasi terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 1 Talun,Kecamatan Talun,Kabupaten Pekalongan
Proses Pendidikan tidak terlepas dari Pembelajaran. Oleh karena itu untuk
mencapai tujuan pembelajaran dibutuhkan komunikasi antara guru dengan peserta
didik agar tercipta suasana pembelajaran yang menyenangkan di kelas. Guru bisa
menciptakan metode, model maupun strategi dalam pembelajaran.
Permasalahan pada penelitian ini: 1. Apakah Strategi pembelajaran aktif
berpengaruh terhadap hasil belajar Peserta didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan
agama Islam? 2. Apakah Motivasi berpengaruh terhadap hasil belajar Peserta
didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam ? 3. Apakah strategi
pembelajaran aktif dan motivasi berpengaruh secara simultan terhadap hasil
Belajar Peserta didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam ?
Tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk Membuktikan pengaruh strategi
pembelajaran aktif terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam.Untuk
Membuktikan pengaruh Motivasi terhadap hasil belajar Pendidikan Agama
Islam.Untuk Membuktikan strategi pembelajaran aktif dan motivasi terhadap hasil
belajar Pendidikan Agama Islam. Sedangkan Kegunaanya yaitu: memberi manfaat
yang signifikan bagi semua pihak, dan memperkaya khazanah dan wawasan
keilmuan mengenai bahasan tentang strategi pembelajaran aktif dan motivasi
belakjar.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif yaitu penelitian yang menekankan analisisnya pada data
angka yang diolah dengan metode statistika. Jenis penelitian yang di gunakan
adalah penelitian kausal komparatif artinya hubungan yang bersifat sebab-akibat.
Jadi, di sini ada variabel independen (variabel yang dipengaruhi) dan dependen
(variabel yang dipengaruhi), yakni melibatkan kegiatan peneliti yang diawali dari
mengidentifikasi pengaruh variabel satu terhadap variabel lainnya.
Hasil penelitian ini yaitu: 1. Analisis pada strategi pembelajaran aktif tidak
berpengaruh secara parsial maupun bersama terhadap hasil belajar dengan
demikian maka banyak faktor lain selain variabel strategi pembelajaran yang
mempengaruhi terhadap hasil belajar. 2. Analisis pada motivasi mempunyai
pengaruh secara parsial terhadap hasil belajar, sehingga perlu banyak motivasi
yang dilakukan oleh tenaga pendidik terhadap siswa untuk meningkatkan hasil
belajar. 3. Analisis pada strategi pembelajaran aktif dan motivasi tidak
mempunyai pengaruh secara bersama-sama terhadap hasil belajar ,dengan
demikian variabel yang paling dominan dalam mempengaruhi tingkat hasil belajar
lebih banyak dari variabel motivasi dibandingkan dengan variabel strategi
pembelajaran aktif.
23TS2352097.00 | TS P.PAI 23.097 IKA p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain