TESIS PAI
Manajemen Penggunaan Media Pembelajaran PAI Berbasis Video Youtube Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di MI NU Buaran Kota Pekalongan
Media pembelajaran adalah sarana pendukung proses pembelajaran agar peserta didik dapat menerima materi pembelajaran dengan baik. Penggunaan media pemebelajaran perlu dikelola dengan baik terlebih ketika terjadi situasi yang tidak diinginkan contohnya pandemi Covid-19. Pandemi Covid-19 yang mengakibatkan perubahan sistem pembelajaan yang signifikan, namun madrasah tetap memiliki tanggung jawab bahwa kegiatan belajar mengajar harus tetap berjalan. Bagaimana cara guru PAI menyampaikan materi pelajaran dengan efektif sedangkan siswa dilarang untuk berangkat ke madrasah. Penyampaian materi yang hanya melalui media foto mengakibatkan menurunnya motivasi belajar peserta didik dikarenakan mereka mengalami kesulitan dalam memahami materi. Akhirnya dipilih video Youtube sebagai media penyampaian materi pelajaran Pendidikan Agama Islam. Rumusan permasalahan penelitian ini adalah: 1. Bagaimana manajemen penggunaan media pembelajaran PAI berbasis video Youtube di MI NU Buaran Kota Pekalongan? 2. Bagaimana gambaran video pembelajaran PAI yang terdapat di Channel Youtube MI NU Buaran Kota Pekalongan? 3. Apa faktor pendukung dan penghambat penggunaan media pembelajaran PAI berbasis video Youtube di MI NU Buaran Kota Pekalongan?
Tujuan penelitian ini adalah : mendeskripsikan kegiatan guru PAI di MINU Buaran dalam rangka manajemen penggunaan media pembelajaran berbasis video Youtube. Mendeskripsikan video pembelajaran PAI yang terdapat di Channel Youtube MI NU Buaran Kota Pekalongan dan untuk mengetahui relevansi konten video apabila digunakan pada kegiatan pembelajaran yang sudah berjalan normal. Mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat manajemen penggunaan media pembelajaran PAI berbasis video Youtube di MI NU Buaran Kota Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan termasuk penelitian lapangan. Pengumpulan data melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis datanya dengan menggunakan teori dari miles, Huberman dan Saldana yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Penelitian ini menghasilkan temuan (1) manajemen penggunaan media pembelajaran PAI berbasis video Youtube di MI NU Buaran Kota Pekalongan : a) Perencanaan sudah terlaksana dengan baik. b). Pengorganisasian sudah terlaksana dengan baik. c). Pelaksanaan sudah terlaksana dengan baik. d) Evaluasi sudah terlaksana dengan baik. Terdapat 92 video pemebelajaran PAI di channel Youtube MI NU Buaran Kota Pekalongan. Video tersebut hasil produksi guru pada sekolah tersebut. 86 video masih relevan dan dapat digunakan sebagai media dan sumber belajar kegiatan sekarang. Konten video tersebut sangat menarik karena menggunakan metode yang bervariasi sehingga dapat meningkatkan motivasi peserta didik. Faktor pendukung : 1. SDM yang kompeten 2. Ketersedian sarana dan prasarana untuk membuat video. Faktor Penghambat : 1. Kurangnya sarana dan prasarana menonton video. 2. Kesibukan orang tua 3. Keterbatasan kreativitas guru
23TS2352095.00 | TS P.PAI 23.095 FIN m | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain