TESIS PAI
Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Berbasis Kearifan Lokal Dalam Pembentukan Karakter Religius Remaja Di Desa Kalisapu Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal
Internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam berbasis kearifan lokal merupakan salah satu proses dalam pembentukan karakter religius remaja di Desa Kalisapu, Kecamatan Slawi, Kabupaten Tegal. Anggota masyarakat, seperti orang tua, tokoh masyarakat, tokoh agama, wajib mengikuti dan mengawasi segala bentuk kegiatan di masyarakat agar pembentukan karakter keagamaan remaja efektif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana proses internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam? Apa saja kendala dan tantangan dalam menginternalisasi nilai-nilai pendidikan Islam? Apa solusi untuk mengatasi hambatan dan tantangan proses internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam? Apa implikasi internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam berbasis kearifan lokal terhadap pembentukan karakter religius. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian tesis ini adalah untuk menganalisis proses internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam, menganalisis hambatan dan tantangan, menganalisis solusi untuk memecahkan masalah hambatan dan tantangan, serta menganalisis implikasi dari internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam berbasis kearifan lokal dalam pembentukan karakter religius. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif berdasarkan fenomenologi yang terjadi dalam masyarakat Desa Kalisapu. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan triangulasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan: proses internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam di masyarakat melalui ta’lim, tarbiyyah, dan ta’dib. Hambatan yang ada dipengaruhi oleh masalah faktor internal remaja dan faktor eksternal. Tantangan adalah arus globalisasi, solusinya adalah memfilter budaya luar, sosialisasi kepada remaja dan orang tua, dan bekerjasama dengan pemerintah dalam penguatan pendidikan karakter di desa. Implikasi dari internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam, remaja taat pada ajaran agama, berbakti kepada kedua orang tua, toleransi, hidup rukun, jujur, disiplin, kreatif, mandiri, dan demokratis. Berdasarkan hasil penelitian, perlu adanya metode penelitian lebih lanjut agar upaya proses internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam berbasis kearifan lokal mengena ke dalam diri remaja dalam pembentukan karakternya dengan menggiatkan remaja mengikuti kegiatan kearifan lokal yang ada. Oleh karena itu saran dan kritik sangat diharapkan penelti untuk lebih baik ke depan
23TS2352093.00 | TS P.PAI 23.093 AZI i | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain