TESIS PAI
Pengaruh Program Pembelajaran Individual (PPI) Terhadap Minat Belajar Membaca Anak Berkebutuhan Khusus Di MI Kranji 01
Pembelajaran pada anak berkebutuhan khusus membutuhkan suatu program tersendiri sesuai dengan kebutuhan anak, dalam penyusunan program pembelajaran anak berkebutuhan khusus, guru harus memiliki data pribadi setiap peserta didiknya. Data pribadi yakni berkaitan dengan karakteristik spesifik, kemampuan dan kelemahannya, kompetensi yang dimiliki, serta tingkat perkembangannya. Tujuannya agar saat memprogram pembelajaran sudah dipikirkan mengenai bentuk program pembelajaran yang dianggap tepat guna mengatasi anak berkebutuhan khusus. Dalam kaitannya dengan minat belajar membaca anak dan kemampuan bini diri berpengaruhkah program pembelajaran individu ketika diterapakan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat pengaruh signifikan antara program Pembelajaran Individual dengan minat belajar membaca anak berkebutuhan khusus di MI Kranji 01 ?
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan: Metode kuesioner, metode obeservasi dan metode dokumentasi. Teknik Analisis data menggunakan analisis pendahuluan dan analisis regresi linier sederhana.
Hasil penelitian menujukkan bahwa Penerapan Program Pembelajaran Individual di MI Kranji 01 terdapat pengaruh signifikan antara program Pembelajaran Individual dengan minat belajar membaca anak berkebutuhan khusus di MI Kranji 01 Hal ini dibuktikan dari rata-rata nilai minat belajar membaca anak berkebutuhan khusus adalah
21,66 dan berada pada interval 22-25 dengan kategori baik. terdapat pengaruh signifikan antara program Pembelajaran Individual dengan kemampuan bina diri anak berkebutuhan khusus di MI Kranji 01.
Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana membuktikan bahwa pada taraf signifikan 5% ketika diuji secara parsial dapat diketahui bahwa Program Pembelajaran Individual (X) berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar membaca (Y) mengingat thitung yang diperoleh lebih besar dari ttabel yakni 4.306 >
1.697. maka terdapat pengaruh yang signifikan antara program pembelajaran individual terhadap minat belajar membaca, Hal ini dibuktikan dari analisis data diperoleh Fhitung yang diperoleh lebih besar dari Ftabel yakni 91.315 > 2,70 sehingga Ho ditolak Ha diterima.
23TS2352092.00 | TS P.PAI 23.092 MIN p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain