SKRIPSI EKOS
Pengaruh Norma Religius, Pengetahuan Produk, dan Literasi Halal Terhadap Keputusan Mengkonsumsi Makanan Berlabel Halal (Studi di Kota Pekalongan)
Produk makanan dan minuman yang beredar di masyarakat masih banyak yang belum memiliki serifikasi halal. Masyarakat dituntut untuk berhati-hati dalam memilih produk yang akan dikonsumsi. Konsumsi merupakan pemakaian barang atau jasa dalam rangka pemenuhan kebutuhan hidup. Keputusan mengkonsumsi adalah proses pengambilan keputusan atas suatu barang atau jasa yang akan dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan serta meraih kepuasan. Keputusan mengkonsumsi dapat dipengaruhi Norma Religius, Pengetahuan Produk, dan Literasi Halal. Penelitian ini bertujuan untuk memenuhi pengaruh Norma Religius, Pengetahuan Produk, dan Literasi Halal terhadap Keputusan Mengkonsumsi Makanan Berlabel Halal (Studi di Kota Pekalongan).
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data primer melalui kuesioner yang diedarkan secara langsung kepada masyarakat Kota Pekalongan. Sampel dalam peneltia ini berjumlah 100 responden dengan menggunakan rumus Slovin untuk menentukan jumlah sampelnya. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji statistic parsial (uji t) dan uji simultan (uji f). Analisis klasik regresi dilakukan setelah model tidak mengalami gejala-gejala asumsi klasik seperti normalitas, multikolineritas, heteroskedastisitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Norma Religius berpengaruh terhadap keputusan mengkonsumsi, Pengetahuan produk tidak berpengaruh terhadap keputusan mengkonsumsi, Literasi halal berpengaruh terhadap keputusan mengkonsumsi, dan keseluruhan variabel berpengaruh secara simultan terhadap keputusan mengkonsumsi makanan berlabel halal di Kota Pekalongan.
Kata Kunci: Norma Religius, Pengetahuan Produk, Literasi halal, dan Keputusan Mengkonsumsi.
23SK2341403.00 | SK EKOS 23.403 FIR p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain