SKRIPSI EKOS
Analisis Blue Ocean Strategy Dalam Meningkatkan Omset Penjualan di E-Commerce Lazada Perspektif Syariah Marketing (Studi Kasus Toko Batik Putri Prasanti)
Perkembangan teknologi digital yang terus berkembang memberi pengaruh besar bagi kehidupan manusia, terutama dalam dunia bisnis. Adanya hal tersebut membuat masyarakat Indonesia memilih E-Commerce sebagai solusi untuk menjual produk. Hal ini menimbulkan adanya persaingan bisnis yang ketat. Sehingga dalam menjalankan bisnis dituntut untuk meningkatkan daya saing secara terus menerus. Dalam waktu dekat sebuah bisnis harus mampu mengubah dan menginovasi produknya sesuai segmentasi pasar. Oleh karena itu blue ocean strategy menjadi strategi yang solutif yang menjadikan persaingan menjadi tidak relevan. Dengan blue ocean strategy membuat bisnis melihat peluang untuk mendapatkan pangsa pasar besar dengan jalan berusaha untuk menyingkirkan pesaing atau mengurangi keunggulan kompetitif dari kompetitor.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif . Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan menggunakan sampel sebanyak 7 orang yaitu owner, admin, dan reseller. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis Interaktif.
Ditemukan hasil bahwa Toko Batik Putri Prasanti menggunakan Blue Ocean Strategi dalam memasarkan produk-produk yang di jual. Blue Ocean Strategi diterapkan dengan menggunakan kerangka kerja analitis yaitu kanvas strategi dan kerangka kerja empat langkah. Dampak adanya penerapan Blue Ocean Strategi pada toko Batik Putri Prasanti yaitu adanya peningkatan pada omset penjualan.
Kata Kunci : Blue Ocean Strategy, Omset Penjualan, E-Commerce Lazada, Syariah Marketing
23SK2341398.00 | SK EKOS 23.398 ARI a | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain