SKRIPSI EKOS
Pengaruh Produk, Harga, Kualitas Pelayanan, dan Promosi Terhadap Pendapatan (Studi Kasus pada UMKM Kuliner di Desa Kesesi Kecamatan Kesesi)
Persaingan antar pengusaha begitu sangat ketat, munculnya banyak pesaing baru yang memberikan penawaran produk serupa, dan berkembangnya sistem informasi dan mudahnya informasi menyebar dengan cepat ini menjadi ancaman juga bagi para pelaku usaha, dengan mudahnya informasi menyebar maka semakin banyak kompetisi untuk itu pelaku UMKM Kuliner di Desa Kesesi, Kecamatan Kesesi, Kabupaten Pekalongan harus terus berusaha menciptakan daya saing produk dengan mengandalkan kualitas, seperti desain produk yang menarik, menentukan harga yang sesuai dengan kondisi ekonomi konsumen atau pelanggan pada saat ini, dengan memberikan kualitas pelayanan terbaik, dan promosi yang dapat menarik konsumen sehingga peneliti tertarik untuk membahas pengaruh produk, harga, kualitas pelayanan, dan promosi terhadap pendapatan pada UMKM Kuliner Di desa Kesesi Kecamatan Kesesi Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah Produk, Harga, Kualitas Pelayanan, dan Promosi berpengaruh terhadap Pendapatan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan jenis pendekatan kuantitatif. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada pelaku UMKM Kuliner di Desa Kesesi Kecamatan Kesesi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelaku pelaku UMKM Kuliner di Desa Kesesi Kecamatan Kesesi. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling incidental sebanyak 100 responden.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) produk secara parsial tidak berpengaruh terhadap pendapatan UMKM Kuliner di Desa Kesesi Kecamatan Kesesi. Dengan nilai signifikan sebesar 0,058 > 0,05, dan nilai t_hitung -1,932 < t_tabel 1,998. (2) harga secara parsial berpengaruh terhadap pendapatan UMKM Kuliner di Desa Kesesi Kecamatan Kesesi. Dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05, dan nilai t_hitung 4,868 > t_tabel 1,998. (3) kualitas pelayanan secara parsial tidak berpengaruh terhadap pendapatan UMKM Kuliner di Desa Kesesi Kecamatan Kesesi. Dengan nilai signifikan sebesar 0,006 < 0,05 dan nilai t_( hitung) -2,858 < t_tabel 1,998. (4) promosi secara parsial berpengaruh terhadap pendapatan UMKM Kuliner di Desa Kesesi Kecamatan Kesesi. Dengan nilai signifikan sebesar 0,001 < 0,05 dan nilai t_hitung 3,346 > t_tabel 1,998. (5) Hasil pengujian f atau simultan menunjukkan bahwa variabel independen yaitu produk, harga, kualitas pelayanan, dan promosi mempunyai nilai nilai f_( hitung) 13,941 > f_( tabel) 2,51 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (6) koefisien determinasi (R^2) sebesar 0,429.
Kata Kunci: Produk, Harga, Kualitas Pelayanan, Promosi, dan Pendapatan
23SK2341397.00 | SK EKOS 23.397 EVI p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain