SKRIPSI EKOS
Pengaruh Kualitas Produk dan Digital Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Distro Jepot Cloth Kabupaten Batang
Persaingan konsumen di industri fashion menjadi masalah akibat daya beli yang meningkat pesat. Perusahaan harus mampu menghasilkan barang-barang berkualitas tinggi yang mempunyai nilai lebih daripada produk pesaing. Indikator lain yang mempengaruhi keberhasilan suatu usaha yaitu strategi pemasaran, dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi menyebabkan perubahan pada teknik pemasaran yaitu menggunakan digital marketing. Setelah perusahaan mampu mempunyai kualitas produk yang baik dan mampu memasarkan produk melalui digital marketing sehingga menjangkau lebih luas obyek pasar serta dapat menciptakan kepuasan konsumen, lalu tahap selanjutnya yaitu mendapatkan loyalitas pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan digital marketing terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening pada distro Jepot Cloth Kabupaten Batang.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode kuesioner dengan menggunakan sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel dengan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis data PLS-SEM dengan bantuan program SmartPLS 4.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, digital marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, digital marketing berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan, kepuasan konsumen berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap variabel loyalitas pelanggan, kepuasan konsumen dikatakan tidak mampu dalam memediasi pengaruh variabel kualitas produk terhadap variabel loyalitas pelanggan, kepuasan konsumen dikatakan tidak mampu dalam memediasi pengaruh variabel digital marketing terhadap variabel loyalitas pelanggan.
Kata kunci: Kualitas Produk, Digital Marketing, Loyalitas Pelanggan dan
Kepuasan Konsumen
23SK2341392.00 | SK EKOS 23.392 IZZ p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain