SKRIPSI PGMI
Efektivitas Penggunaan Alat Peraga Corong Berhitung Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas III Pada Materi Perkalian Di MIS Karangdadap Kabupaten Pekalongan
Pembelajaran matematika disebut sebagian besar siswa adalah pembelajaran yang susah dan membosankan. Oleh sebab itu seorang guru harus menciptakan sebuah inovasi pembelajaran khususnya dalam pembelajaran matematika. Salah satu inovasi dalam kegiatan pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam memahami materi pelajaran matematika adalah dengan menggunakan alat peraga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan prestasi belajar siswa Kelas III dalam penggunaan alat peraga corong berhitung pada pembelajaran matematika materi perkalian di MIS Karangdadap. Jenis penelitian adalah Quasi experiment dengan menggunakan pendekatan kuantitatif di mana ada dua kelas yang diberi perlakuan yang berbeda. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan tabel distributif frekuensi dan teknik analisis independent sample t-test . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penggunaan alat peraga corong berhitung pada pembelajaran matematika kelas eksperimen diperoleh jumlah nilai hasil posttest sebesar sebesar 1835 dengan nilai rata-rata hasil belajar sebesar 73,40. Nilai rata-rata tersebut termasuk dalam kategori baik. (2) Prestasi belajar siswa pada pembelajaran matematika yang di lakukan di kelas kontrol (tidak menggunakan alat peraga corong berhitung) diperoleh nilai hasil posttest sebesar 1485 dengan nilai rata-rata hasil belajar sebesar 59,40. Nilai rata-rata tersebut termasuk dalam kategori cukup. (3) Hasil analisis uji independent sample t-test pada bab IV diperoleh nilai thitung sebesar 5,322 dan ttabel sebesar 2,011.Karena thitung > ttabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Nilai sig. (2-tailed) pada analisis independent sample t-test sebesar 0,000. Artinya nilai 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan (artinya ada pengearuh yang signifikan) antara prestasi belajar matematika siswa kelas yang menggunakan alat peraga corong berhitung dengan kelas yang tidak menggunakan alat peraga corong berhitung pada materi perkalian kelas III di MIS Karangdadap.
23SK2323172.00 | SK PGMI 23.172 LUS e | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain