SKRIPSI PGMI
Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Melalui Aplikasi Planet Cendekia Pada Materi Planet Kelas VI SD Negeri 01 Bubak Kecamatan Kandangserang Kabupaten Pekalongan
Latar belakang yang mendasari penelitian ini adalah peserta didik kurang aktif dan fokus dalam mengikuti pembelajaran, yang menyebabkan siswa mengantuk dan tidak maksimalnya hasil belajar. Dalam penelitian ini memiliki rumusan masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana pengembangan media gedung raja dalam materi aksara Jawa nglegena siswa kelas 3 MI? dan 2) Bagaimana kelayakan media gedung raja dalam materi aksara Jawa nglegena ditinjau dari validasi ahli media, materi, dan angket respon guru? Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengembangan media Gedung raja dan mengetahui kelayakan kualitas produk yang berupa media gedung raja dalam materi aksara Jawa nglegena siswa kelas 3 MI. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan model Borg and Gall terdiri dari enam tahapan yaitu Identifikasi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi produk dan uji coba. Hasil akhir dari validasi produk yang telah direvisi memperoleh presentase dari ahli media sebesar 92,6% dan validasi ahli materi sebesar 88,8% Dengan kriteria sangat layak. Hasil angket respon guru diperoleh presentase sebesar 83,7% dengan kriteria sangat layak. Dan angket respon siswa sebesar 95,1% dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat kualitas produk berupa kelayakan sehingga media gedung raja dapat digunakan untuk mendukung kegiatan belajar khususnya dikeas 3 MI.
23SK2323167.00 | SK PGMI 23.167 OKT p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain