SKRIPSI PGMI
Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Muatan Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas IV MI Nurul Amin Kedawung Wanatirta Brebes
Penelitian di latarbelakangi bahwa M. Dukha selaku wali kelas IV MI Nurul Amin mengatakan bahwa sebelum menggunakan metode Jigsaw banyak siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran pendidikan kwarganegaraan. Ada siswa yang asik bermain sendiri, berbicara dengan temannya, ada juga yang tiduran dan lainnya. Namun setelah pembelajaran dengan menggunakan metode Jigsaw siswa menjadi lebih giat dalam pembelajaran. Penelitian ini memiliki rumusan masalah 1) Bagaimana penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada muatan pelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas IV MI Nurul Amin Kedawung Wanatirta Brebes?. Dan 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dari penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada muatan pelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas IV MI Nurul Amin Kedawung Wanatirta Brebes?. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan berasal dari data primer dan data sekunder. Sedangkan metode pengumpulan datanya melalui metode observasi (pengamatan), wawancara (interview), dan dokumentasi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Perencanaan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw yaitu: a. Latarbelakang, yakni tuntutan kurikulim dan variasi pembelajaran. b. Tujuan, yaitu untuk mencapai indikator pencapaian pembelajaran yang diinginkan. c. Persiapan yaitu dengan pembuatan perangkat pembelajaran seperti silabus, progam tahunan, progam semeseter dan rencana pelaksanaan pembelajaran 2) Pelaksanaan, pembelajaran kooperatif tipe jigsaw sama seperti yang terdapat dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) 3) Evaluasi, evaluasi secara lisan dan evalusai dengan tes atau ulangan. Faktor pendukung, pembelajaran student center dan motivasi siswanya. Faktor penghambat yaitu tingkat pemahaman anak yang berbeda-beda
23SK2323163.00 | SK PGMI 23.163 NIN p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain