SKRIPSI PGMI
Peran Lingkungan Keluarga Dalam Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa Kelas II MI Salafiyah Datar Kecamatan Warungpring Kabupaten Pemalang
Di lingkungan keluarga, siswa mendapat pendidikan sejak kecil dari lingkungan keluarga, yang tidak di sadari oleh anggota keluarga jika perannya sangat berpengaruh di sekolahnya terutama meningkatkan semangat siswa untuk belajar, yang berdampak positif pada hasil belajar siswa, sebaliknya ketika siswa berada dalam keluarga yang tidak nyaman maka siswa tersebut kurang mendapatkan perhatian dan motivasi dalam belajarnya yang berakibatkan penurunan dalam belajar. khususnya di MI Salafiyah Datar Kecamatan Warungpring Kabupaten Pemalang. Di kelas 2, ada beberapa siswa yang belum bias membaca dan lambat dalam proses belajar karena kuranganya perhatian dari lingkungan keluarga yang lebih mementingkan pekerjaanya dibandingkan perkembangan belajar anak tersebut, yang wajib dalam pengawasan dan pengasuhan orang tua. Dalam hal ini, sekolah menawarkan berbagai dukungan dan kesempatan belajar tetapi itu hanya berlaku di dalam sekolah saja. Pengaruh keluarga terhadap motivasi belajar sangat dipengaruhi oleh siswa itu sendiri dan lingkugan keluarganya. Karena motivasi memiliki dampak terbesar pada proses dan hasil pembelajaran, motivasi merupakan kontributor penting bagi keberhasilan siswa. Rumusan masalah berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana peran lingkungan keluarga dalam mengembangkan motivasi belajar siswa kelas II di MI salafiyah datar kecamatan warungpring kabupaten pemalang ? 2) Apa saja kendala yang dihadapi keluarga dalam mengembangkan motivasi belajar siswa kelas II di MI salafiyah datar kecamatan warungpring kabupaten pemalang ? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dimana peneliti berangkat ke lapangan untuk mengadakan pengamatan tentang suatu fenomena secara langsung dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang menekankan pada data deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa dan memanfaatkan berbagai metode ilmiah.Sedangkan sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran lingkungan keluarga dalam mengembangkan motivasi belajar siswa Kelas II MI Salafiyah Datar ialah membina dan membimbing, pemberian edukasi, dan memberikan ruang gerak kepada anaknya. Serta kendala yang di hadapi ialah kurangnya dialog keluarga dan pengaruh lingkungan tempat tinggal.
23SK2323161.00 | SK PGMI 23.161 HID p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain