SKRIPSI PGMI
Pengaruh Bvariasi Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Kelas 3 Di MI Walisongo Kranji 01 Kabupaten Pekalongan
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang pada jam akhir pembelajaran peserta didik kurang bersemangat dalam belajar dan bermain sendiri bahkan ada juga yang mengantuk di kelas dikarenakan pembelajaran disana tidak kondusif meskipun guru sudah melakukan variasi mengajar, tidak hanya dilihat dari metode pembelajarannya seperti metode konvensional dan inkonvensional tetapi juga dilihat dari media pembelajarannya yang tidak hanya satu saja tetapi menyesuaikan dengan tema yang akan dipelajari.permasalahan selanjutnya yaitu masih ada siswa yang kurang berani bertanya ketika dipersilahkan bertanya oleh guru. Serta masih ada siswa yang bosan di kelas dalam mengkuti proses pembelajaran di kelas serta tidak memperhatikan guru saat mengajar dikelas. Berdasarkan latar belakang di atas, maka peneliti akan memaparkan beberapa masalah yaitu:1)Bagaimana variasi mengajar guru dalam pembelajaran di kelas 3 MI Walisongo Kranji 01,2)Bagaimana motivasi belajar siswa di kelas 3 MI Walisongo Kranji 01,3) Adakah Pengaruh variasi mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran di kelas 3 MI Walisongo Kranji 01?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui variasi mengajar guru dalam pembelajaran, untuk mengetahui motivasi belajar siswa dalam pembelajaran di kelas 3, serta mengetahui apakah ada pengaruh antara variasi mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran di kelas 3 MI Walisongo Kranji 01 Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah kelas 3 di MI Walisongo Kranji 01 Kabupaten Pekalongan. Sedangkan peneliti mengambil sampel pada kelas 3 A di MI Walisongo Kranji 01.Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dengan pengukuran skala likertdan dokumentasi. Untuk teknis analisis datanya menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil peneilitian ini,menunjukan:1)Variasi mengajar guru dalam pembelajaran di kelas 3 MI Walisongo Kranji 01 termasuk dalam kategori sangat baik.Dilihat dari besarnya rata-rata perolehan skor angket variasi mengajar guru sebesar memperoleh skor angket variasi mengajar guru sebesar 51.54 yang terletak pada interval lebih dari 51. nilai rata-rata tersebut berada pada interval kategori yang sangat tinggi. 2) Motivasi belajar siswa kelas 3 di MI Walisongo Kranji 01 Kabupaten pekalongan termasuk dalam kategori baik. Dilihat dari besarnya nilai rata-rata sebesar 48.39 yang terletak pada interval 43-50. Nilai rata-rata tersebut berada pada interval kategori tinggi.3) Berdasarkan uji t diperoleh tingkat signifikansi variabel variasi mengajar guru (x) adalah 0,002< 0,05 (signifikansi pada delta 5%) dan nilai thitung 3.408 >1.70652. Maka dapat disimpulkan bahwa variabel Variasi mengajar Guru berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa.Berdasarkan hasil perhitungan R Square (R2), koefisien disimbolkan dengan huruf R. nilai korelasi sebesar 0,556. Pengujian koefisien determinasi atau R Square (R2) diperoleh hasil sebesar 0,309, yang artinya presentase sumbangan dari variabel variasi mengajar (X) terhadap variabel Motivasi Belajar Peserta Didik (Y) sebesar 30,9% sedangkan 69,1% dipengaruhi oleh variabel diluar penelitian
23SK2323155.00 | SK PGMI 23.155 IMA p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain