SKRIPSI PGMI
Pengaruh Penerapan Metode MMP (Membaca, Menulis Permulaan) Berbantu Media Huruf Abjad Bergambar Terhadap Peningkatan Keterampilan Membaca Peserta Didik Kelas 2 Di SD Negeri Dumeling 02 Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes
Keterampilan membaca merupakan peranan yang sangat penting dalam kehidupan dimasa sekarang maupun masa yang akan datang. Dengan adanya keterampilan membaca maka anak-anak dapat membaca dengan mudah, baik di media cetak maupun internet. Membaca juga merupakan jembatan bagi semua orang.Akibat anak yang tidak bisa membaca maupun menulis akan sulit untuk melanjutkan ke jenjang sekolah berikutnya. Salah satu media yang dapat membantu dalam mempermudah proses meningkatkan keterampilan membaca adalah media huruf abjad bergambar. Dengan adanya keterampilan membaca, maka hal tersebut dapat membantu dan memberikan pengetahuan serta memberikan kepercayaan pada diri siswa. Adapun penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan metode MMP (membaca, menulis permulaan) terhadap keterampilan membaca peserta didik kelas 2 di SD Negeri Dumeling 02, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah menggunakan penelitian kuantitaif dengan uji Independent Sample T-Test. Dengan pendekatan kuantittif dengan teknik statistik independent sample t test. Sampel yang digunakan oleh peneliti adalah menggunakan teknik Probabillity Sampling. Sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/siswi kelas 2a/2b yang berjumlah 54 siswa yang berada di SD Negeri Dumeling 02, Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes. Pada penelitian ini peneliti mengumpulkan datamenggunakan tes yang sudah diuji validitas dan reabilitas sedangkan untuk uji normalitas menggunakan teknik shapiro wilk dan uji homogenitasmenggunakan alpha crombach sedangkan uji hipotesisnya menggunakan uji independent sample t-tes. Penelitian ini menghasilkan nilai rata – rata pengaruh metode MMP (membaca menulis permulaan) berbantu media huruf abjad terhadap keterampilan membaca rata-rata nilai kelas A 88,4% B 56,2 %. Sedangkan apabila nilai menggunakan uji independent sample t-test sig. (2 tailed) mendapatkan hasil 0,000 apabila dibandingkaan dengan sig. (2 tailed) maka 0,000 < 0,05 dengan artian Ho ditolak dan Ha diterima maka antara kelas A dan kelas B terdapat perbeadaan yang signifikan.
23SK2323154.00 | SK PGMI 23.154 MAR p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain