SKRIPSI PGMI
Analisis Kemampuan Literasi Sains Pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V MI Negeri 21 Jakarta Timur Tahun Ajaran 2022/2023
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tuntutan pendidikan sains siswa dalam menghadapi era globalisasi di abad 21. Kemampuan literasi sains sangat dibutuhkan untuk bersaing secara global. Melalui kegiatan pembelajaran sains di sekolah kemampuan literasi sains siswa dapat ditingkatkan. Penelitian ini terdapat rumusan masalah diantaranya: bagaimana kemampuan literasi sains pada siswa kelas V MI Negeri 21 Jakarta Timur dan apa saja faktor yang mempengaruhi kemampuan literasi sains siswa kelas V MI Negeri 21 Jakarta Timur. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu menggunakan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V MI Negeri 21 Jakarta Timur yang berjumlah 63 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik sampling jenuh. Data kemampuan literasi sains siswa diperoleh dari hasil tes berupa lembar tes kemampuan literasi sains. Teknik analisis data adalah statistic deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kemampuan literasi sains siswa kelas V MI Negeri 21 Jakarta Timur termasuk dalam kriteria baik dengan presentase 62,17%. Jika diuraikan dari hasil perolehan nilai tes kemampuan, siswa yang mendapat nilai sangat baik terdapat 14 siswa dengan rentang nilai X > 75, siswa yang mendapat nilai baik terdapat 21 siswa dengan rentang nilai 58 < X ≤ 75, siswa yang mendapat nilai cukup terdapat 22 siswa dengan rentang nilai 42 < X ≤ 58, siswa yang mendapat nilai kurang terdapat 3 siswa dengan rentang nilai 25 < X ≤ 42, dan siswa yang mendapat nilai sangat kurang terdapat 3 siswa dengan rentang nilai X ≤ 25. Kemampuan literasi sains siswa kelas V MI Negeri 21 Jakarta Timur dipengaruhi dari dalam diri siswa (sikap) dan dari luar diri siswa (belajar mengajar dan sarana prasarana).
23SK2323153.00 | SK PGMI 23.153 HAF a | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain