SKRIPSI EKOS
Strategi Pemasaran Ayam Geprek Sa'I Bojong Kab. Pekalongan Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam
Setelah berangsur surut masa pandemi (selama dua tahun lebih), membuat gairah ekonomi semakin meningkat. Tahun belakangan ini merupkan tahun pemulihan dari kelesuan ekonomi pada saat pandemi. Beberpa faktor yang diharapkan dapat ikut membantu peningkatan ekonomi diantaranya adalah dengan membuat program pemulihan ekonomi yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas. Hal ini dapat diwujudkan dengan merancang startegi pemasaran. Adapun dalam menjalankan bisnis, salah satu faktor yang tidak kalah penting bagi seorang muslim adalah dengan melakukan bisnis berdasar pada norma atau etika. Hal tersebut bertujuan agar pelaku bisnis tidak melanggar dari apa yang telah ditetapkan dan diajarkan oleh agama. Maka darinya, dalam hal ini, peneliti akan meneliti bagaimana strategi pemsaran dalam perspektif Etika Bisnis Islam. Adapun objek dalam penelitian ini yakni Ayam Geprek Sa’i Bojong.
Penelitian bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran di Ayam Geprek Sa’i Bojong dalam perspektif etika bisnis Islam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Adapun dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni wawancara, observasi, dan juga dokumentasi. Adapun hasil dalam penelitian ini, yakni strategi pemasaran pada Ayam Geprek Sa’i Bojong dapat ditinjau berdasar pada bauran pemasaran 4P yang diantaranya yakni, Pertama, Price/ Harga, harga yang ditawarkan oleh Ayam Geprek Sa’i Bojong adalah harga yang sesuai dengan harga pasar. Kedua, Product/Produk, Ayam Geprek Sa’i Bojong memberikan penwaran berupa produk- produk yang berkualitas baik dari segi rasa maupun beragam menu yang ada. Ketiga, Place/ Tempat, Lokasi Ayam Geprek Sa’i Bojong terletak berdekatan dengan Pasar Bojong. Tepatnya di Kedoyo, Bojong Minggir, Kecamatan Bojong, Kabupaten Pekalongan. Keempat, Promosi, Ayam Geprek Sa’i Bojong tidak seperti halnya beberapa kedai lain yang memfokuskan pada media sosial, mereka memfokuskan kegiatan promosi memasang papan nama di depan kedai mereka. Berdasar pada prinsip dalam etika bisnis Islam yang di dalamnya mencakup kesatuan, keseimbangan, kehendak bebas, tanggung jawab dan juga kebenaran: kebaikan dan kejujuran, dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran dalam Ayam Geprek Sa’i Bojong sesuai denga napa yang menjadi prinsip-prinsip
dalam etika bisnis Islam.
Kata kunci: Strategi pemasaran, Ayam Geprek, Ayam Geprek Sa’i, Etika bisnis Islam
23SK2341381.00 | SK EKOS 23.381 MOH s | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain