SKRIPSI EKOS
Pengaruh Waktu Pengiriman, Harga, Complain Customer Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Tracking System Sebagai Variabel Intervening Dunia Paket
Di era modern dan berteknologi maju ini, jasa pengiriman barang sangat dibutuhkan oleh masyarakat yang suka berbelanja online. Dalam perkembangannya, jasa ekspedisi pengiriman barang tidak hanya menggunakan transportasi darat, tetapi juga laut dan udara. Dalam perkembangannya, jasa ekpedisi tidak lepas dari permasalahan. Permasalahan yang terjadi pada Dunia Paket adalah mengenai proses pengiriman. Selain itu, kesalahan dalam proses tracking paket yang mengakibatkan pihak ekspedisi sering mendapatkan complain customer. Permasalahan complain customer tersebut menjadi bahan penelitian yang diangkat oleh peneliti.
Jenis penelitian ini ialah penelitian kuantitatif field research, sumber data penelitian ini merujuk pada data primer yang berasal dari pelanggan Dunia Paket dengan mendatangi langsung di kantor Dunia Paket. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan menggunakan rumus slovin dengan 88 responden. Dengan metode analisis data menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis data uji inner model, uji outer model, uji hipotesis, dengan bantuan SmartPLS 3.2.9.
Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel waktu pengiriman tidak berpengaruh secara positif terhadap kepuasan pelanggan melalui tracking system perusahaan jasa ekspedisi Dunia Paket Kec. Pekalongan Selatan dengan nilai original sampel -0,013, t-statistic 0,320, dan p-value 0,750. Pada variabel harga tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan melalui tracking system perusahaan jasa ekspedisi Dunia Paket Kec. Pekalongan Selatan dengan nilai original sampel 0,117, t-statistic 1,810, dan p-value 0,740. Pada variabel complain customer tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan melalui tracking system perusahaan jasa ekspedisi Dunia Paket Kec. Pekalongan Selatan dengan nilai original sampel 0,075, t-statistic
1,412, dan p-value 0,162.
Kata kunci : Waktu Pengiriman, Harga, Complain Customer, Kepuasan
Pelanggan, Tracking System
23SK2341379.00 | SK EKOS 23.379 MUH p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain