SKRIPSI EKOS
Pengaruh Kualitas Layanan Publik Terhadap Kepuasan Pelanggan di BPJS Kesehatan Kabupaten Pemalang
Sebuah pelayanan publik yang dijalankan oleh pemerintah sebagai wujud pertanggung jawaban dalam memberikan kesejahteraan bagi masyarakatnya adalah memberikan pelayanan kesehatan yaitu dalam bentuk program jaminan kesehatan (BPJS Kesehatan). BPJS Kesehatan diharuskan untuk dapat memberikan pelayanan yang proses pelaksanaannya tidak memakan waktu yang lama serta berjalan dengan efisien, khususnya proses layanan pendaftaran kepesertaan BPJS Kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan publik terhadap kepuasan pelanggan di BPJS Kesehatan Kabupaten Pemalang.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Dari jumlah populasi yang tidak terbatas maka di ambil sebagai sampel adalah 100 responden dan teknik pengambilan sampelnya menggunakan metode accidental sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis data uji regresi linier berganda dengan bantuan SPSS Statistic 24.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bukti fisik (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y). Keandalan (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y). Ketanggapan (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y). Jaminan dan kepastian (X4) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y). Kepedulian (X5) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y).
Kata kunci: kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan
23SK2341373.00 | SK EKOS 23.373 VIN p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain