SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Pengembangan Multimedia Pembelajaran berbasis Creative Problem Solving (CPS) dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi Statistika Siswa
Penelitian ini berangkat dari kurang adanya penggunaan media pembelajaran berbasis digital di sekolah yang menjadi salah satu sebab pembelajaran matematika monoton dan membosankan. Hal tersebut turut memberikan dampak terjadinya kesulitan siswa dalam memahami konsep materi dan kejenuhan siswa saat proses pembelajaran matematika. Fakta empiris dilapangan menunjukkan bahwa kesulitan siswa dalam memahami konsep materi statistika, yaitu siswa kerap terjebak saat penemuan unsur statistic dalam konten materi, kebanyakan siswa belum bisa menemukan alternatif penyelesaian masalah statistika dengan caranya sendiri, masih ada siswa yang menebak jawaban tanpa proses berpikir. Adanya pengembangan multimedia pembelajaran berbasis Creative Problem Solving (CPS) menjadi strategi yang direkomendasikan dalam meningkatkan pemahaman konsep materi statistika siswa.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimana pengembangan multimedia pembelajaran berbasis Creative Problem Solving (CPS) yang valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep materi statistika pada siswa kelas XI Jurusan TKJ SMK Gondang. Tujuan penelitian ini menghasilkan produk multimedia pembelajaran berbasis Creative Problem Solving (CPS) serta untuk mengetahui terjadi peningkatan atau tidak pemahaman konsep siswa.
Jenis penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Responden pada penelitian ini sebanyak 30 siswa di dua kelas yang berbeda dengan kategori kelas kontrol dan kelas eksperimen . Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, angket dan tes. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis pemahaman konsep siswa, kevalidan, kelayakan, kepraktisan serta keefektifan multimedia pembelajaran.
Berdasarkan dari analisis data, hasil dari penelitian ini adalah (1) pengembangan multimedia pembelajaran berbasis Creative Problem Solving (CPS) untuk meningkatkan pemahaman konsep materi statistika kelas XI dalam pembelajaran matematika ini dikembangkan menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi (2) Hasil analisis validitas dan praktikalitas multimedia pembelajaran berbasis Creative Problem Solving (CPS) dinyatakan valid dengan skor 84% dan praktis dengan skor 80,93333% (3) Multimedia pembelajaran berbasis Creative Problem Solving (CPS) terbukti cukup efektif melalui hasil uji T-independent sample t-test untuk uji skor N-Gain dengan skor 69,8037% .
23SK2326191.00 | SK TM 23.191 NIR p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain