SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Pengembangan Digibook Teorema Pythagoras Berbasis 1st Flipbook Creator Pro untuk Mengeksplor Computational Thinking Peserta Didik Kelas VIII di MTs NU 01 Suradadi Kabupaten Tegal
Teorema Pythagoras menjelaskan tentang ikatan jarak antar sisi sebuah segitiga siku-siku. Dalam kehidupan sehari-hari digunakan untuk menghitung jarak, luas, dan volume dari berbagai objek, serta berbagai problem yang bersifat matematis kompleks. Computational Thinking merupakan cara untuk mengartikan serta mengatasi persoalan yang rumit dengan menggunakan algoritma, pengenalan pola, abstraksi, dekonstruksi, dan prinsip ilmu komputer lainnya. Dalam kemampuan computational thinking ini, peserta didik diharapkan memiliki kemampuan berpikir analitis, kreatif, komunikasi, dan dapat bekerja sama.
Penelitian ini merupakan penelitian R&D di mana produk baru dikembangkan dan kemudian diuji efektivitasnya.. Sampel yang digunakan ialah kelas VIII A. Pengumpulan data menggunakan angket, tes pre-test dan post-test berupa soal pilihan ganda, lembar validasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah validasi ahli, uji kepraktisan media pembelajaran dan uji keefektifan media pembelajaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) digibook flipbook telah dianalisis oleh dua validator ahli media dan dua validator ahli materi, dengan hasil validasi sebesar 0,90 dan 0,86. Dapat disimpulkan bahwa digibook flipbook telah terbukti valid. (b) hasil kepraktisan media analisis data tingkat kepraktisan digibook flipbook memperoleh skor sebesar 0.86 dari segi penilaian Ahli Materi. Sedangkan pada analisis dari hasil praktik, digibook flipbook memperoleh respons positif dari guru dan siswa sebesar 88,5%. Karena kedua hasil analisis baik aspek teori maupun praktik memperoleh skor di atas >85%, maka digibook flipbook dinyatakan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran. (c) hasil keefektifan media untuk menentukan efektivitas suatu media belajar, Berdasarkan hasil uji coba lapangan, digibook flipbook teorema pythagoras dan termasuk juga pengetahuan computational thinking menunjukkan peningkatan persentase ketuntasan belajar siswa pada post-test sebesar 82%, dibandingkan dengan pre-test yang hanya mencapai 20%. Hasil ini membuktikan bahwa digibook flipbook efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi teorema pythagoras dan termasuk juga pengetahuan computational thinking.
23SK2326178.00 | SK TM 23.178 AHM p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain