SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP Negeri 2 Comal
Berdasarkan permasalahan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Comal mereka cenderung malas saat diberikan latihan soal oleh gurunya, seperti halnya ketika diberikan latihan soal di papan tulis hanya siswa yang pintar saja yang maju untuk mengerjakan sedangkan siswa yang lain menganggap matematika adalah pelajaran yang membingungkan dan sulit untuk dipelajari, untuk mengatasi hal tersebut, perlu dilakukan tindakan yang mendukung kemampuan penalaran matematis yaitu dengan memilih model pembelajaran yaitu Missouri mathematics project.
Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana penerapan model pembelajaran Missouri mathematics project pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP Negeri 2 Comal, bagaimana kemampuan penalaran matematis siswa yang menerapkan model pembelajaran Missouri mathematics project dan model pembelajaran konvensional dan apakah terdapat perbedaan antara kemampuan penalaran matematis siswa yang menerapkan model pembelajaran Missouri mathematics project dan model pembelajaran konvensional. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran Missouri mathematics project. Penelitian ini berguna untuk referensi peneliti selanjutnya.
Metode pada penelitian ini yaitu eksperimen dengan desain true experimental adalah Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji independent sample T-test. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pre-test post-test control group design.
Hasil penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran Missouri mathematics project dikatakan sangat baik dibuktikan dengan hasil pelaksanaan aktivitas guru dan siswa yang mempunyai masing-masing persentase rata-rata yaitu 84,5% dan 70%, kemampuan penalaran matematis siswa pada kelas eksperimen memperoleh rata-rata hasil post-test yaitu 74,06, sementara untuk kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata hasil post-test 66,00 maka kemampuan penalaran matematis siswa di kelas eksperimen lebih baik daripada di kelas kontrol dan terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol dibuktikan dengan hasil post-test 0,017 < 0,050 maka H_0 ditolak dan H_1 diterima sehingga kemampuan penalaran matematis siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda secara signifikan.
23SK2326167.00 | SK TM 23.167 QIS p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain