SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Pengaruh Mathematical Beliefs dan Mathematics Anxiety terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs Nurul Islam Randudongkal
Penelitian ini dilakukan dilatarbelakangi hasil belajar matematika siswa tingkat MTs yang rendah. Di MTs Nurul Islam Randudongkal, siswa menyikapi matematika dengan mengeluh dan menganggap matematika pelajaran yang sulit dan merasa cemas ketika guru memerintahkan untuk maju mengerjakan soal. Cara siswa merespons pembelajaran matematika dapat diteliti sebagai hal yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Siswa yang menganggap matematika pelajaran sulit dikarenakan rendahnya tingkat mathematical beliefs dan siswa yang cemas ketika mendapat perintah untuk maju dan mengerjakan persoalan matematika ini memiliki mathematics anxiety. Dengan hal ini, mathematical beliefs dan mathematics anxiety ini dapat digali sebagai hal yang mempengaruhi hasil belajar matematika siswa.
Rumusan masalahnya adalah apakah terdapat pengaruh mathematical beliefs terhadap hasil belajar matematika, mathematics anxiety terhadap hasil belajar matematika, dan mathematical beliefs dan mathematics anxiety terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Nurul Islam Randudongkal. Kemudian tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh mathematical beliefs, mathematics anxiety, dan mathematical beliefs dan mathematics anxiety secara simultan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Nurul Islam Randudongkal. Penelitian ini digunakan sebagai bahan pertimbangan guru supaya di masa yang akan datang dapat lebih memperhatikan mathematical beliefs dan mathematics anxiety siswa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian yang akan diteliti ini adalah seluruh siswa-siswi VIII MTs Nurul Islam Randudongkal meliputi 184 siswa, dengan sampel sejumlah 60 siswa. Kemudian untuk teknik pengumpulan data adalah dengan angket/kuesioner dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini meliputi terdapat pengaruh sebesar 26,9% antara mathematical beliefs dengan hasil belajar matematika siswa. Kemudian terdapat pengaruh sebesar 26,4% antara mathematics anxiety dengan hasil belajar matematika siswa. Selanjutnya, terdapat pengaruh sebesar 32% antara mathematical beliefs dan mathematics anxiety secara simultan dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Nurul Islam Randudongkal.
23SK2326166.00 | SK TM 23.166 ARI p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain